Selasa, 21 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Ada Logo Pemkab di Kalender Capres

Pemkab Tegaskan Netral,Minta Bawaslu Mengusut

27 Maret 2019, 12: 26: 55 WIB | editor : Adi Nugroho

Kalender

SIAPA PEMBUATNYA: Kalender pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dipasangi logo Pemkab Nganjuk di sudut kiri atas. Pemkab meminta bawaslu mengusut pencatutan logo tersebut. (Istimewa for radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK–Pemkab Nganjuk menyoal bahan kampanye (BK) berupa kalender bergambar calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Pasalnya, di kalender tersebut terpasang logo pemkab di salah satu sudutnya. Karena itu, rencananya hari ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nganjuk akan memanggil Badan Pemenangan Kabupaten (BPK) Prabowo-Sandi untuk klarifikasi.

          Saat dikonfirmasi, Kabag Humas Pemkab Nganjuk Agus Irianto mengakui pihaknya keberatan dengan peredaran kalender bergambar pasangan capres tersebut. Pasalnya, di sudut kiri atas terdapat logo Pemkab Nganjuk. “Kami keberatan dengan pemasangan logo pemkab di kalender,” kata Agus kepada Jawa Pos Radar Nganjuk.

          Dalam pemilihan presiden (pilpres), Agus menegaskan, aparatur sipil negara (ASN) bersikap netral. Karena itu, pihaknya memastikan pemasangan logo tersebut tersebut tanpa seizin dari pemkab. “Kami tidak pernah membuat kalender (capres),” tegasnya.

          Agus melanjutkan, temuan kalender tersebut sudah ditangani Bawaslu Nganjuk. Sebelumnya, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat tentang peredaran foto kalender bergambar salah satu pasangan capres. Karenanya, pemkab menyerahkan proses selanjutnya ke bawaslu.

          Anggota Bawaslu Nganjuk Abdul Syukur Junaidi mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan dari pemkab. Rencananya, hari ini bawaslu akan memanggil badan pemenangan Prabowo-Sandi di Kabupaten Nganjuk. “Kami undang setelah Duhur untuk klarifikasi,” tandas Syukur.

          Sementara itu, Sukarno, Ketua BPK Prabowo-Sandi mengatakan, pihaknya sudah menerima undangan dari Bawaslu Nganjuk. Sesuai jadwal, BPK akan memenuhi undangan tersebut. “Besok (hari ini, Red) kami jelaskan di kantor bawaslu,” kata Sukarno.

          Yang jelas, Sukarno mengaku BPK tidak pernah membuat BK berupa kalender capres. Karenanya, dia tidak mengetahui pembuat kalender gambar Prabowo-Sandi yang memuat logo pemkab. “Yang pasti, pembuat kalender bukan dari tim kami (BPK),” aku pria yang juga ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Nganjuk ini.

          Sukarno melanjutkan, BPK baru diundang untuk mengambil alat peraga kampanye (APK) capres di kantor DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Kamis besok (28/3). Karena itulah, sampai hari ini, pihaknya belum memegang APK maupun BK.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia