Kamis, 17 Oct 2019
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Hujan Deras, Pohon Tumbang Lagi

23 Maret 2019, 06: 56: 16 WIB | editor : Adi Nugroho

pohon tumbang

TUMBANG: Pohon ambruk di Jalan Kawi Kota Kediri. (Iqbal Syahroni - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KOTA – Akibat hujan deras diikuti dengan angin yang terjadi di Kota Kediri, dua pohon kembali tumbang, kemarin sore (21/3). Satu pohon di Jalan Kawi, Mojoroto, dan satu pohon lagi tumbang di Jalan Mauni, Pesantren. Beruntung tidak ada korban jiwa karena tumbangnya pohon.

          Kejadian pertama yang dilaporkan adalah pohon yang berada di depan perumahan Mojoroto Indah di Jalan Kawi. “Sekitar pukul 16.00 WIB, ada laporan masuk, lalu anggota langsung bergegas ke sini (lokasi, Red),” ujar Kasi Trantibum Satpol PP Kota Kediri Agus Dwi Ratmoko.

          Untungnya, saat tumbang, pohon mengarah ke area dalam ruko. Karena itu, tidak ada korban jiwa pengendara yang melewati jalan raya. Begitu juga dengan kendaraan yang sedang terparkir di dalam ruko.

          Anggota Satpol PP Kota Kediri yang datang ke lokasi langsung bergegas memotong dahan pohon yang diperkirakan memiliki panjang lima meter tersebut. Agar tidak mengganggu aktivitas di sekitar ruko. “Dipangkas terlebih dahulu, takutnya nanti mengganggu aktivitas, dan agar lebih mudah diangkat batangnya ketika dievakuasi,” imbuh Agus.

          Setelah memangkas pohon tersebut, Agus menjelaskan bahwa pihaknya sudah menghubungi pihak DLHKP Kota Kediri untuk melakukan tindak lanjut dari batang kayu tersebut.

          Selain di Jalan Kawi, Mojoroto, pohon tumbang lainnya juga terjadi di Jalan Mauni, Pesantren. Pohon kedua yang tumbang tersebut juga tidak mengakibatkan korban jiwa. “Hanya saja merusak kabel listrik, dan ambruk di atas kios juga bukan permanen milik warga,” ujar Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kediri Adhi Sutrisno.

          Ia menjelaskan bahwa pohon-pohon yang tumbang tersebut terjadi akibat hujan deras yang disertai angin kencang. Hujannya juga terjadi sejak siang hingga sekitar pukul 16.30 WIB.

          Adhi menjelaskan bahwa tim BPBD sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait dan melakukan proses evakuasi pohon tumbang yang berada di Pesantren. Ia juga menjelaskan agar ketika cuaca hujan deras disertai angin kencang yang terjadi, tetap menjadi atensi dan kewaspadaan bagi BPBD. Hal tersebut agar tidak terjadi korban jiwa jika terjadi musibah akibat cuaca ekstrem.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia