Minggu, 22 Sep 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Bongkar Jalur Lama, Perlintasan KA Ditutup

Pembaharuan Rel Meningkatkan Kecepatan Kereta

21 Maret 2019, 12: 45: 04 WIB | editor : Adi Nugroho

KAI

GANTI REL: Sejumlah pekerja membongkar rel di jalur lama PJL 98. Rel berukuran R42 diganti dengan R54 yang lebih besar agar kecepatan kereta di jalur tersebut bisa bertambah. (Rekian - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK-Perlintasan kereta api (KA) di Jl Supriyadi, Kota Nganjuk kembali ditutup kemarin sore. Pasalnya, PT KAI harus membongkar jalur lama di dekat stasiun Nganjuk itu. Tujuannya, memperbesar rel agar kecepatan kereta api saat melintas di sana bisa bertambah.

          Pantauan koran ini, akibat penutupan jalan tersebut, kendaraan dari arah selatan dan utara terpaksa memutar. Ada yang memilih ke barat melewati AR Saleh atau ke timur melewati Jl Diponegoro.

          Di awal jalan ditutup sekitar pukul 15.30, ada beberapa kendaraan roda dua dan roda empat yang mencoba menerobos. Tetapi, mereka tetap harus memutar kendaraannya karena rel KA tidak bisa dilewati.

          Pengawas Teknik Proyek Double Track Jombang-Madiun Sudarto mengatakan, pembongkaran rel harus dilakukan untuk pembaharuan. Rel yang semula berukuran R42 diganti dengan R54. “Ini (pembongkaran, Red) kelanjutan dari switchover (pengalihan jalur dari lama ke baru, Red),” ujar Sudarto.

          Selain mengganti rel, menurut pria berkacamata ini, bantalan rel juga diganti dengan yang baru. Dengan penggantian rel tersebut, lanjut Sudarto, kecepatan kereta api bisa ditingkatkan lagi. Yang semula hanya 60 kilometer per jam, menjadi 80 kilometer per jam.

          Dimana saja lokasi perbaikan rel? Sudarto menjelaskan, perbaikan rel akan dilakukan di banyak titik. Meski demikian, perbaikan kemarin hanya dilakukan di satu titik. Yaitu, penjaga jalan lintasan (PJL) 98 Nganjuk.

          Terkait penutupan jalan, Sudarto berujar, pihaknya terpaksa melakukannya karena lokasi perbaikan di jalan lintasan kendaraan. “Kami sudah berkoordinasi dengan Polisi untuk mengatur lalu lintas,” terang Sudarto sembari menyebut pembongkaran rel serupa di beberapa titik lain ditargetkan tuntas Juli nanti.

          Terpisah, Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko menyebutkan, pembongkaran rel di PJL 98 kemarin sore tidak mengganggu lalu lintas kereta api. Sebab, kereta yang melintas di sana bisa menggunakan jalur baru.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia