Selasa, 19 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Tepat 150 Tahun Jembatan Lama, Pagi Ini Peresmian Jembatan Brawijaya

Diwarnai 150 Penari dan Lepas 150 Merpati

18 Maret 2019, 09: 13: 38 WIB | editor : Adi Nugroho

jembatan brawijaya

PENUH SEJARAH: Jembatan Brawijaya yang akan diresmikan pagi ini. Peresmian jembatan ini dijadikan satu dengan peringatan 150 tahun Jembatan Lama. (M Arif Hanafi - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KOTA- Waktu yang ditunggu-tunggu masyarakat Kota Kediri akhirnya tiba. Setelah sekian lama hari ini Jembatan Brawijaya akan diresmikan. Meski banyak menuai masalah namun lanjutan pembanguanan jembatan yang menjadi ikon kebanggan baru warga kota tahu itu berjalan lancar.

Peresmian Jembatan Brawijaya berada pada waktu yang istimewa. Sebab, hari ini merupakan hari pertama diresmikannya Jembatan Lama 150 tahun silam. Tepatnya pada 18 Maret 1869. Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri Apip Permana menyampaikan, peresmian Jembatan Brawijaya memang telah direncanakan sama dengan ulang tahun Jembatan Lama yang ke 150 tahun. “Peresmian besok pagi (pagi ini, Red), dilakukan langsung oleh Pak Wali kota,” katanya.

Apip menyebut, peresmiannya akan dibuat meriah. Sebab akan ada suguhan tari kolosal. Diperagakan oleh 150 penari suko-suko. Mereka akan menari di atas Jembatan Lama.

150 penari itulah yang menggambarkan usia jembatan yang dibuat pada masa kolonial Belanda tersebut. “Untuk seremonial dilakukan diujung timur dan di antara kedua jembatan. Juga ada pelepasan 150 merpati,” jelasnya.

Meski akan dilakukan prosesi peresmian pukul 08.00 WIB namun itu tidak akan mengganggu lalu lintas di sekitar jembatan. Dari keterangannya, untuk Jembatan Brawijaya tidak akan ditutup. Yang ditutup total adalah Jembatan Lama yang digunakan sebagai lokasi utama peresmian.

“Arus lalu lintas tetap berlaku seperti biasa. Yang ditutup hanya Jembatan Lama karena untuk pentas tari,” sebutnya.

Apip menambahkan, meski selama ini sudah beroperasi, jembatan yang menghubungkan Kecamatan Kota dan Mojoroto tersebut sengaja belum diresmikan. Waktu 3 bulan ini digunakan sebagai tahap uji coba lalu lintas.

Sebelumnya, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar sempat memaparkan bahwa peresmian Jembatan Brawijaya memang telah direncanakan berlangsung Maret. Tepat seperti tanggal pembukaan Jembatan Lama yang ada di sebelah Jembatan Brawijaya tersebut.

Mas Abu menyebut bahwa Jembatan Lama merupakan salah satu ikon kebanggaan Kota Kediri. Hal ini karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sehingga harus dijaga kelestariannya. Dalam waktu dekat Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) pun akan mendaftarkan Jembatan Lama sebagai situs cagar budaya Nasional.

Untuk diketahui, Jembatan Lama sendiri dibangun sejak era kolonial. Yakni pada 18 Maret 1869. Dahulu satu-satunya jembatan akses penghubung Surabaya-Madiun tersebut dinamakan ‘Groote Postweg’ atau istilahnya jalan raya. Jembatan yang di bangun Sytze Westerbaan Muurling ini menggunakan konstruksi besi dan dibangun di atas tiang sekrup yang dipasang di dalam sungai. Dan merupakan jembatan besi pertama di Jawa.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia