Minggu, 22 Sep 2019
radarkediri
icon featured
Show Case

ACT dan MRI Respons Banjir Bandang Terjang Sentani Jayapura

17 Maret 2019, 10: 31: 33 WIB | editor : Adi Nugroho

banjir sentani

TANGGAP: Tim ACT membantu kendaraan yang terjebak banjir di Sentani. (ACT News)

Share this          

JAYAPURA - Banjir bandang menerjang sembilan kelurahan di Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (16/3) malam. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan bencana banjir terjadi pada pukul 21.30 WIT.

Banjir diperkirakan terjadi akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kecamatan Sentani pada Pukul 18.00 WIT. Dalam sejumlah rekaman video yang beredar luas, terlihat jelas banjir bandang begitu deras menerjang perkampungan warga. Sekiranya 9 unit rumah hanyut dan 3 jembatan mengalami kerusakan.

Merespons bencana banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Sentani, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) bergerak melakukan evakuasi. Relawan MRI Haryono melaporkan, dirinya dan tim sudah berada di lokasi tak lama peristiwa terjadi.

banjir sentani

MELUAP: Kendaraan yang terjebak banjir. (ACT News)

Menurut laporannya pada pukul 01.00 WIT, sekiranya sudah ada 6 warga selamat yang berhasil dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan.

“Kami belum tahu berapa korban jiwa yang meninggal, tapi memang ada. Kondisi saat ini air masih menggenang, sebagian ada yang hanya becek, namun kami terus melakukan penyisiran untuk mengevakuasi para korban,” jelas Haryono kepada ACTNews.

Sedang data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sekitar pukul 02.00 WIT lima orang dikabarkan meninggal dunia akibat hanyut terbawa arus. Jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah, mengingat proses pendataan dan evakuasi terus dilakukan.



(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia