Selasa, 18 Jun 2019
radarkediri
icon featured
Events

Pemenang The Best Band Competition School Contest XII

Hanya Berlatih di Waktu Singkat

15 Maret 2019, 15: 49: 06 WIB | editor : Adi Nugroho

school contest band

SANG JUARA: Perwakilan Gojek menyerahkan plakat kepada pemenang Band Competition SC XII kategori SMA. (Habibah Anisa - radarkediri.id)

Mereka hanya berusaha menjadi yang terbaik saat berada di panggung. Karena itu, tak disangka kalau akhirnya bisa menjadi juara School Contest XII. Memaksimalkan waktu latihan menjadi kunci utamanya.

MOCH. DIDIN SAPUTRO

Kompetisi band menjadi salah satu ajang lomba yang paling meriah dan dinanti dalam School Contest XII kemarin. Persaingan ketat pun ditunjukkan semua kontestan. Baik di kategori SMP maupun SMA. Banyak lagu yang dipersembahkan setiap band. Alirannya pun mermacam-macam.

school contest xii

THE BEST: Pemenang Band Competition kategori SMP. (Habibah Anisa - radarkediri.id)

Mereka yang mampu menampilkan maksimal dan memikat jurilah yang mampu menjadi pemenang. Untuk kategori SMP berhasil dimenangkan Focus Band. Dengan tiga lagu yang dibawakan, benar-benar mampu menyita perhatian juri. Seolah tak percaya, tim asal SMPN 1 Nganjuk tersebut bisa memenangkan perlombaan bergengsi se eks-Karesidenan Kediri tersebut.

Athalla Arnaz Rheznanda, salah satu personelnya. Sebagai gitaris, dia merasa penampilanmya belum terlalu apik. Menurutnya kemarin tidak maksimal. "Dengan penampilan yang saya nilai kemarin tidak maksimal dan dengan genre yang bisa dianggap nyeleneh dari peserta lainnya," katanya kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Memang dia mengakui bahwa tiga lagu yang dibawakan tidak pernah mereka mainkan sebelumnya. Terlalu mellow katanya. Namun mereka berusaha keras untuk menampilkan yang terbaik. Walaupun tidak bisa maksimal.

Dengan membawakan lagu Bright As The Sun, Aku Cinta Dia (Chrisye) dan One Heart. Ternyata band asal Kota Angin ini bisa membuat juri terhanyut. Hingga nilai yang diberikan mengungguli grup lainnya. Rasa gembira pun tak bisa ditutupi. "Perasaannya ya senang. Band saya masih bisa diberi kesempatan untuk jadi juara 1. Sangat besyukur sekali pastinya dan ingin mengucapkan terima kasih kepada juri band competition," ujarnya.

Bermain bersama Aditia Tegar Prastio, Arjuna Dimas Prasetya, Gilang Satrio Utomo, Thesalonika Shannon Putri Setiawan, mereka masih berusia 14 tahun. Namun bakat sebagai musisi sudah ada. Arnaz mengaku hanya mempersiapkan dua minggu sebelum lomba. "Dengan waktu latihan 3 kali dalam seminggu," imbuhnya.

Selain latihan teknis, mereka juga diberi motivasi dari kakak kelas dan teman-teman di sekolah. Tak hanya itu, aktivitas lain juga mencari referensi dari band band yang juga mengikuti festival selain di School Contest. "Dengan waktu yang sesingkat itu, alhamdulillah tiga lagu bisa selesai dan bisa menjadi juara 1 di Band Competition," tandasnya.

Sementara pemenang untuk kategori SMA sederajat adalah MAN 1 Kota Kediri. Ellen Regita K sebagai keyboardis mengungkapkan, baginya event School Contest tahun ini adalah kejutan yang diberikan Allah. Tak berhenti mengucapkan syukur atas kejutan tak terduga di hari itu.

Mengenai persiapan, bandnya hanya memiliki waktu sekitar 1 minggu untuk 3 lagu yang dibawakan. Untunglah lagu wajib yang dipilih sudah pernah dibawakan saat digelar festival sebelumnya. "Jika melihat waktu 1 minggu tersebut memang bagi kami itu kurang, tetapi semangat dan chemistry yang kita miliki membuat kita bangkit untuk bisa mewujudkan mimpi menjadi juara," sebutnya.

Menurutnya, juara 1 Band Competition adalah hal yang paling menakjubkan dalam event ini. "Kami bangga bisa diberi kesempatan untuk tampil dalam acara ini," ujarnya. Sementara untuk personel dari kencur band adalah M Fadlillah sebagai gitaris, Savero Ronald R sebagai drumer, Adil Cahya sebagai bassist, Talitha Rahma nabila sebagai vokalis.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia