Selasa, 16 Jul 2019
radarkediri
icon featured
Politik

LOGISTIK PEMILU

Tambah Tenaga, Pelipatan Dibuat Tiga Sif

13 Maret 2019, 10: 24: 37 WIB | editor : Adi Nugroho

Surat Suara

DIKEBUT: Puluhan pekerja melipat surat suara di GOR Bung Karno, kemarin. Pelipatan surat suara DPR RI ditarget selesai hari ini. (Anwar Bahar Basalamah - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK–KPU Kabupaten Nganjuk menarget pelipatan surat suara untuk DPR RI bisa tuntas hari ini. Makanya, kemarin, rekanan menambah jumlah tenaga penyortiran dan pelipatan. Pekerjaan para pekerja itu dibagi menjadi tiga sif.

          Kepala Gudang KPU Kabupaten Nganjuk Nur Hasim mengatakan, penambahan personel untuk mengejar target waktu yang sudah ditentukan. Pasalnya, sesuai target, penyortiran suara suara DPR RI harus rampung hari ini. “Besok (hari ini, Red) hari terakhir pelipatan DPR RI,” ujar Nur kepada Jawa Pos Radar Nganjuk.

          Dengan target tersebut, lanjut Nur, kemarin rekanan menambah jumlah personel. Mereka dibagi menjadi tiga sif. Sif pertama dimulai pukul 10.00 – 16.00 dengan 39 orang tenaga. Kemudian sif kedua pukul 16.00 – 21.00 dengan tenaga pelipatan sebanyak 33 orang. Terakhir, sif ketiga dari pukul 21.00 sampai pagi, jumlahnya ditambah menjadi 90 orang.

          Sampai tadi malam, Nur mengaku belum menerima berita acara (BA) penyortiran dan pelipatan. Karena itulah, pihaknya belum bisa melaporkan jumlah surat suara yang dilipat dan disortir. “Berita acara dibuat setelah sif ketiga selesai,” ungkapnya.

          Sementara dalam pelipatan surat suara pada Senin lalu (11/3), menurut Nur jumlah surat suara yang dilipat sekitar 19 ribu lembar. Kemudian, surat suara yang tersortir karena tinta cetak luntur sebanyak 4.000 lembar. “Hari ini (kemarin, Red) seharusnya jumlah yang terlipat lebih banyak,” terang Nur.

          Bagaimana dengan pemanfaatan mesin pelipatan? Nur mengatakan, mesin tersebut sebenarnya sudah digunakan kemarin. Namun, hasilnya belum maksimal. “Tadi baru dapat 5.000 lembar surat suara pilpres (pemilihan presiden),” tandasnya.

          Karena itu, sembari menunggu pengaturan mesin, pihaknya akan memaksimalkan tenaga manusia. Selama pekerjaan dibuat tiga sif setiap hari, Nur optimistis pelipatan bisa diselesaikan tepat waktu.

          Untuk diketahui, setiap jenis surat suara, rekanan harus menyelesaikan sebanyak 876.668 lembar. Sampai kemarin, tinggal surat suara dewan perwakilan daerah (DPD) yang belum dikirim. Terkait hal tersebut, KPUD sudah meminta rekanan percetakan di Kabupaten Nganjuk untuk menanyakan waktu kedatangan surat suara yang dicetak di Bekasi, Jawa Barat itu.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia