Kamis, 14 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Banyak Temukan Tinta Tulisan Luntur

KPUD Mulai Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara

12 Maret 2019, 11: 25: 48 WIB | editor : Adi Nugroho

Surat Suara

BURAM: Anggota Bawaslu Nganjuk Moh. Syafi’il Anam (kanan) mengecek salah satu surat suara yang tintanya luntur saat penyortiran di GOR Bung Karno, kemarin. (Anwar Basalamah - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK–Pelipatan surat suara pemilihan umum (pemilu) mulai dikerjakan kemarin. Dari ribuan lembar, KPU Kabupaten Nganjuk mendapati banyak surat suara yang tersortir. Paling banyak ditemukan adalah tinta cetak tulisan yang luntur.

          Ketua KPU Kabupaten Nganjuk M. Agus Rahman Hakim mengatakan, pelipatan dan penyortiran dimulai sekitar pukul 09.00. Di hari pertama kemarin, pekerjaan berakhir sekitar pukul 16.00. “Hari ini (kemarin, Red) baru uji coba dulu. Karena sesuai kontrak, pelipatan dimulai besok (hari ini, Red),” kata Agus kepada Jawa Pos Radar Nganjuk.

          Agus mengungkapkan, total ada 58 orang tenaga yang melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Pihaknya akan mengevaluasi jumlah surat suara yang dihasilkan dengan jumlah tenaga tersebut. “Kami evaluasi setiap harinya. Bisa ada penambahan tenaga,” lanjutnya.

Sampai sekitar pukul 16.00 kemarin, Agus mengaku belum mengetahui jumlah surat suara yang dilipat. Begitu pula dengan jumlah surat suara rusak. “Sepertinya belum banyak untuk hari ini,” terang pria asal Desa Pehserut, Sukomoro ini.

          Sementara itu, Kepala Gudang KPU Nganjuk Nur Hasim mengatakan, selain tenaga manusia, sebenarnya rekanan juga menyiapkan mesin untuk melipat surat suara. Mesin tersebut sejak Minggu lalu (10/3) sudah berada di Gedung Olahraga (GOR) Bung Karno, Kelurahan Begadung, Kecamatan Nganjuk. “Mesih sudah di lokasi (gudang),” ujar Nur.

          Namun demikian, mesin belum bisa dimanfaatkan. Nur mengatakan, mesin masih di-setting agar sesuai degan standar pelipatan dari KPU. Jika mesin tersebut digunakan, pekerjaan pelipatan lebih cepat selesai. “Satu jam bisa menyelesaikan sekitar 8.000 lembar,” urainya.

          Untuk diketahui, total ada sebanyal 4.383.340 surat suara yang akan disortir dan dilipat. Jumlah itu terdiri dari lima jenis surat suara dengan jumlah masing-masing 876.668 lembar. Yakni, pemilihan presiden (pilpres), DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten.

          Sampai hari ini, hanya surat suara DPD yang belum dikirim ke gudang. Sedangkan surat suara DPRD kabupaten untuk daerah pemilihan (dapil) 2, 3, 4 dan 5 baru dikirim kemarin sore.

          Terpisah, Anggota Bawaslu Kabupaten Nganjuk Fina Lutfiana Rahmawati mengatakan, dari laporan sementara, ada empat kardus surat suara yang tersortir. Mayoritas karena tinta tulisan yang luntur. “Satu kardus berisi sekitar 500 lembar,” tutur Fina. (baz/ut)

 

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia