Selasa, 12 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Ubah Fungsi Jadi MPP

11 Maret 2019, 16: 48: 46 WIB | editor : Adi Nugroho

gedung perkantoran

KOSONG: Gedung perkantoran OPD di Kelurahan Werungotok, Nganjuk belum dimanfaatkan. (Rekian - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK - Gedung perkantoran organisasi perangkat daerah (OPD) di Kelurahan Werungotok, Kecamatan Nganjuk, belum dimanfaatkan. Pemkab Nganjuk berencana mengubah fungsi gedung yang dibangun selama dua tahun itu menjadi mal pelayanan publik (MPP).

          Kabag Humas Pemkab Nganjuk Agus Irianto mengatakan, ada perubahan rencana fungsional untuk gedung perkantoran tersebut. Semula, gedung dipersiapkan untuk Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA). “Awalnya Januari sudah bisa ditempati (Dinsos PPPA, Red), belakangan ada kajian dan pertimbangan baru untuk pemanfaatan gedung perkantoran,” kata Agus.

          Sebagai gantinya, kata Agus, rencananya gedung tersebut akan difungsikan menjadi MPP. Isinya nanti adalah OPD yang berkaitan dengan pelayanan ke masyarakat. Di antaranya adalah pengurusan administrasi kependudukan, perizinan, kesehatan dan pendidikan.

          Setiap bagian pelayanan akan mendapatkan tempat. Selain itu, perkantoran akan dijadikan sebagai pusat pelayanan berbasis teknologi dan secara online.  “Ada bilik-biliknya, kalau ada antrian diterapkan seperti perbankan menggunakan antrean nomer elektronik,” ucapnya.

          Karena banyaknya kebutuhan, maka perlu ada persiapan untuk memasang perangkat lunak dan peralatan informasi teknologi. “Peralatannya di kantor masih kosong, saat ini sedang dipersiapkan untuk pemasangannya,” terang Agus.

          Dia menerangkan, perubahan rencana itu muncul dari Bupati Novi Rahman Hidadayat yang ingin menjadikan pelayanan publik tidak lagi berbelit. Dengan pelayanan teknologi berbasis online, maka diharapkan bisa mengurangi praktek pungutan liar (pungli). “Di sana (gedung perkantoran, Red) nanti akan menjadi sentral pelayanan,” lanjutnya.  

Karena masih harus menunggu persiapan perangkat, Agus memprediksi gedung perkantoran tersebut baru bisa difungsikan pada April mendatang. Untuk itu, sebelum semua perangkatnya siap, gendung tersebut belum difungsikan . “Rencananya akan di-launching saat HUT Kabupaten Nganjuk,” katanya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia