Rabu, 24 Jul 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Ribuan Surat Suara di Kediri Rusak

08 Maret 2019, 16: 56: 07 WIB | editor : Adi Nugroho

surat suara pemilu 2019

DISORTIR: Para pekerja dan surat suara di Kediri. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KABUPATEN - Ribuan surat suara yang ada di Kabupaten Kediri didapati rusak. Tak tinggal diam, KPUD Kabupaten Kediri pun langsung melapor ke pihak KPU RI.

“Besok pagi (hari ini, Red) rencananya akan konsultasi dengan pihak KPU RI terkait penggantian surat suara yang rusak dan kekurangannya,” ujar Ketua KPUD Kabupaten Kediri Sapta Andaruisworo kepada Jawa Pos Radar Kediri melalui WhatsApp kemarin siang (7/3).

Pihaknya sendiri belum sempat melakukan penghitungan surat suara yang rusak secara rinci. Namun jumlah surat suara yang rusak tersebut telah mencapai angka ribuan lembar. Kerusakannya pun bervariasi, mulai dari hanya bercak tinta hingga kabur. Konsultasi yang dilakukan terkait sistem atau tata cara penggantian surat suara rusak.

Salah satunya kemungkinan terjadi kekurangan surat suara. Surat suara yang kurang yaitu untuk Pilpres dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Hingga sepengetahuannya, belum ada kepastian kapan surat suara tersebut akan dikirim.

Selain itu, pihaknya juga mengonsultasikan terkait kepastian daftar pemilih tambahan (DPTb). Berikut dengan kemungkinan adanya tempat pemungutan suara (TPS) tambahan yang diajukan oleh pihaknya. “Kita mengajukan usulan tambahan tiga TPS melalui KPU Provinsi Jatim yang selanjutya disampaikan kepada KPU RI,” terang Sapta.

Sementara itu, lebih dari ratusan orang dipekerjakan untuk melakukan pelipatan dan sortir surat suara. Jumlah pekerja yang ada di sana pun mencapai lebih dari 400 orang. Pelipatan dan sortir itu sendiri dilakukan di gudang KPU Kabupaten Kediri di Desa Gogorante, Ngasem.

Ada tiga jenis surat suara yang telah sampai di gudang tersebut. Antara lain surat suara DPRD Kabupaten, DPRD Jatim dan DPR RI. Pelipatan dan sortir surat suara sendiri telah selesai dilaksanakan untuk dua jenis surat suara. Yaitu surat suara untuk DPRD Jatim dan DPR RI saja.

Berdasarkan data yang dihimpun koran ini, surat suara keduanya dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari tiga hari. Namun batas waktu tersebut tidak bisa dijadikan patokan waktu pasti.

Selanjutnya untuk pelipatan dan sortir surat suara jenis DPRD Kabupaten Kediri sedang dilaksanakan. Untuk pelipatan dan sortir itu sendiri pihaknya akan melakukannya per daerah pemilihan (dapil).

Sementara ini, pelipatan dan sortir yang dilakukan baru untuk dapil I. Sedangkan di Kabupaten Kediri sendiri terdapat enam dapil. Diperkirakan dalam sehari dapat dilakukan pelipatan dan sortir untuk satu dapil. Sehingga jika dikalkulasi, maka surat suara jenis tersebut dapat diselesaikan kurang dari seminggu.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia