Jumat, 15 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Komoditas Sayur Pengaruhi Laju Inflasi di Kota Kediri

06 Maret 2019, 09: 46: 22 WIB | editor : Adi Nugroho

bawang putih

BERPENGARUH: Bawang putih yang dijual di pasar. (Iqbal Syahroni - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KOTA – Beberapa komoditas sayur mempengaruhi angka inflasi di Kota Kediri, Februari lalu. Dampaknya, pada akhir bulan terjadi deflasi sebesar 0,08 persen.

Salah satu sayuran yang turut andil dalam deflasi adalah bawang merah. Dalam satu bulan, penurunan harganya sebesar 20,16 persen. “Dengan andil inflasi sebesar -0,082 persen di Kota Kediri,” ujar Kepala BPS Kota Kediri Ellyn T. Brahmana.

Naik turunnya harga sayur mempengaruhi penyumbang dan penghambat inflasi. Di antara 10 komoditas yang dijelaskan Ellyn di kantor BPS Kota Kediri, Jumat (1/3) lalu, didominasi oleh sayuran. Sayuran memiliki peran penting dalam laju inflasi di Kota Tahu.

“Jika dilihat dari 10 komoditas utama penyumbang inflasi, empat di antaranya adalah sayuran. Lainnya adalah beras, buah, rokok, dan ikan,” imbuh Ellyn.

Empat sayuran penyumbang inflasi antara lain bawang putih, dengan andil inflasi 0,057 persen. Disusul tomat sayur dengan andil inflasi 0,026 persen. Lalu jagung muda, 0,012 persen dan sawi hijau 0,01 persen.

Sedangkan komoditas sayuran penghambat utama inflasi pada Februari 2019 selain bawang merah, terdapat cabai merah, dengan andil inflasi sebesar -0,024 persen, dan cabai rawit dengan andil -0,009 persen. “Selain sayuran, ada tiga komoditas buah yang menjadi 10 komoditas utama penghambat inflasi di Kota Kediri. Seperti Jeruk, Semangka, dan Apel,” terang Ellyn.

Meski begitu, Ellyn menjelaskan bahwa tidak perlu risau menghadapi deflasi yang terjadi pada Februari. Hal itu menunjukkan stabilnya harga-harga kebutuhan pokok di Kota Kediri. “Kita tidak perlu risau untuk inflasi di Kota Kediri karena sampai saat ini masih aman dan terkendali,” imbuhnya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia