Minggu, 26 May 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Ratusan Surat Suara di Kabupaten Kediri Rusak

28 Februari 2019, 18: 53: 01 WIB | editor : Adi Nugroho

surat suara

RATUSAN RUSAK: Penataan surat suara di Kabupaten Kediri. (Andhika Attar - radarkediri.id)

KEDIRI KABUPATEN - Ratusan surat suara DPRD Kabupaten Kediri dinyatakan rusak, kemarin (27/2). Temuan tersebut berdasarkan proses pelipatan dan sortir surat suara di gudang KPU Kediri Desa Gogorante, Ngasem.

          Kerusakan surat suara tersebut tergolong ringan. Seperti sobek kecil, tinta kabur, kotor dan adanya bercak noda. Petugas belum menemukan adanya kerusakan surat suara hingga tergolong parah.

          “Dari hasil rekap pada Selasa (26/2) malam lalu, surat suara DPRD Kabupaten Kediri yang rusak ada 265 lembar,” ujar Ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta Andaruisworo kepada koran ini melalui pesan singkat whatsApp.

surat suara rusak

DILAPORKAN: Surat suara yang rusak. (Andhika Attar - radarkediri.id)

          Lebih lanjut, pelipatan dan sortir surat suara tersebut baru dilaksanakan oleh Kecamatan Pare saja. Sedangkan untuk kecamatan lainnya menunggu gilirannya masing-masing. Pelipatan dan sortir itu sendiri dilakukan oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang bersangkutan.

          Berdasarkan data rekapitulasi terakhir, pihak PPK Kecamatan Pare total mendapatkan jatah surat suara sebanyak 156 kardus. Sedangkan yang sudah terselesaikan sebanyak 110 kardus. Dari kardus yang telah dilakukan pelipatan dan sortir, jumlahnya mencapai 54 ribu lembar.

          “Temuan surat suara yang rusak ini tentunya akan kita laporkan kepada pihak KPU RI melalui KPU Jatim. Dengan harapan agar segera mendapatkan tindak lanjut,” tutur Sapta. Lebih lanjut, kerusakan surat suara tersebut murni karena adanya kesalahan pencetakan dari pihak rekanan.

          Dipilihnya Kecamatan Pare terlebih dahulu adalah sebagai acuan dari KPU Kabupaten Kediri untuk melaksanakan pelipatan dan sortir itu sendiri. Selain itu, juga ditopang alasan bahwa daftar pemilih di sana menjadi yang terbanyak. Yaitu mencapai 77 ribu.

          Sementara itu, sebagian logistik surat suara di Kabupaten Kediri telah diterima KPU Kabupaten Kediri. Yaitu tiga dari lima jenis surat suara. Surat suara tersebut untuk DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR RI. Sedangkan untuk surat suara Pilpres dan DPD belum dapat dipastikan kedatangannyaa.

          “Kita juga belum bisa memastikan. Entah itu sudah dalam proses pencetakan atau mendahulukan daerah lain kita juga belum tahu. Biasanya H-2 atau H-1 baru akan diberitahukan kepada kami,” pungkas Sapta.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia