Rabu, 17 Jul 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Pilkades di Nganjuk: Cakades Sebar Ratusan Ribu hingga Rp 1 Juta

12 Februari 2019, 16: 32: 05 WIB | editor : Adi Nugroho

Pilkades di Nganjuk: Cakades Sebar Ratusan Ribu hingga Rp 1 Juta

Share this          

Pilkades serentak yang berlangsung pagi ini, membuat ratusan ribu warga Nganjuk ikut gembira. Pasalnya, mereka mendapat amplop dari para cakades dengan nilai yang bervariasi. Mulai ratusan ribu rupiah hingga Rp 1 juta.

          Seperti diakui oleh Din, salah satu pemilih di Kecamatan Nganjuk. Kemarin siang, dia sudah mendapat uang dari salah satu cakades senilai Rp 100 ribu. “Biasanya nanti malam (tadi malam, Red), kandidat lain akan memberikan amplop. Sekarang masih saling intip,” ujarnya.

          Siasat saling intip itu akan berlangsung hingga jelang coblosan pagi ini. “Menjelang coblosan biasanya dapat banyak,” lanjutnya sembari menyebut ada dua kandidat lain yang belum menyebar amplop.

          Pernyataan Din dibenarkan oleh Am, salah satu cakades di Kecamatan Rejoso. Pria yang sudah membagikan beras kepada ribuan pemilih di desanya itu mengaku belum menyebar amplop hingga kemarin sore. “Masih saling intip (besaran uang yang dibagikan kepada calon pemilih, Red),” ujar Am.

          Pria yang sebelum coblosan sudah rutin memberangkatkan warga ziarah ke wali songo itu tak mengelak sudah menyiapkan uang. Nilainya mulai Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu. “Tergantung lawan nanti berapa,” lanjutnya sambil tersenyum.

          An, cakades di Kecamatan Prambon menuturkan, dirinya sudah membagikan uang kepada lebih dari lima ribu pemilih di desanya senilai Rp 50 ribu. Itu belum termasuk beras dan sedekah lainnya yang sudah dibagikan kepada warga. “Nanti ada amplop lagi yang siap dibagikan kepada warga. Tergantung lawan bagaimana,” urai An tak mau membuka strateginya.

          Berapa uang yang akan dibagikan? Ditanya demikian, dia tidak mau menyebutkan nilai. Dia hanya menyebut, ada warga yang diberi ratusan ribu. Tetapi, ada pula yang lebih banyak. “Tak terbatas,” imbuhnya sambil tersenyum.

          Jika An tidak mau menyebutkan nilai uang yang dibagi, Ar, cakades lain di Kecamatan Prambon lebih gila lagi. Dia mengaku membagikan uang dengan nilai beragam. “Ada yang saya beri 100 ribu. Ada juga yang dapat lima ratus ribu sampai Rp 1 juta,” akunya sambil tersenyum.

          Sementara itu, terkait bursa sebaran uang kepada pemilih yang mencapai ratusan ribu, Cakades Sugihwaras Heri Indianto membenarkannya. Petahana itu tak memungkiri jika sebaran uang untuk mencari dukungan bisa mencapai ratusan ribu. “Saya dengar di Kecamatan Rejoso ada yang sampai mencapai Rp 1 juta per orang karena kandidat sama-sama kuat,” ujarnya.

          Berapa uang yang diberikannya untuk para pemilih di Desa Sugihwaras? Ditanya demikian, Heri tidak mau membuka nilai secara pasti. Meski demikian, dia optimistis bisa mengamankan sekitar 5.000 suara dari total pemilih sekitar 7.000 orang di desanya. “Saya optimistis,” lanjutnya.

     

Botoh Menata Pilkades:

-Menerjunkan tim untuk survei kandidat yang elektabilitasnya tinggi

-Menawarkan modal kepada kandidat yang peluang menangnya besar

-Memainkan bursa taruhan dalam pilkades

-Ikut mengatur strategi pemenangan agar kandidat bisa menang

-Keuntungan yang didapat tiap putaran pilkades serentak mencapai miliaran rupiah

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia