Kamis, 14 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Surat Suara Baru Datang Sebagian

Pengiriman Surat Suara Dikawal Polisi

12 Februari 2019, 14: 38: 36 WIB | editor : Adi Nugroho

BONGKAR: Ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta membuka gembok pintu truk pengangkut surat suara di gudang KPU tadi malam.

BONGKAR: Ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta membuka gembok pintu truk pengangkut surat suara di gudang KPU tadi malam. (ANDHIKA ATTAR - RADARKEDIRI.ID)

Share this          

KEDIRI KABUPATEN - Ratusan ribu lembar surat suara untuk kepentingan Pemilu 2019 datang tadi malam. Namun, itu belum seluruhnya. Surat suara tersebut baru yang untuk pemilihan anggota DPRD I Jawa Timur saja.

Paket surat suara untuk DPRD Jatim itu tidak datang bersamaan. Namun dalam dua kali pengiriman. Pengiriman pertama datang sekitar pukul 18.00 WIB. Berada dalam satu truk kontainer besar. Sedangkan yang kedua datang dua jam setelahnya. Juga dengan truk besar. Semua truk itu datang dari percetakannya, PT Temprina Media Grafika Nganjuk.

Berapa banyak surat suara yang datang? Total surat suara yang datang tadi malam adalah sebanyak 1,25 juta lembar lebih. “Itu total pengiriman surat suara yang telah datang pada pengiriman pertama hari ini,” jelas Ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta Andaruisworo.

Pada pengiriman pertama, yang terkirim sebanyak 630 ribu lembar. Surat suara itu dikemas dalam 1.260 bendel. Setiap bendel berisi 500 lembar surat suara.

Sedangkan pada pengiriman kedua, surat suara itu dikemas dalam 1.242 bendel. Bedanya dengan pengiriman pertama, hanya 1.241 bendel yang berisi 500 lembar surat suara. Satu bendel sisanya hanya berisi 410 lembar surat suara saja. Total surat suara yang datang pada pengiriman kedua ini sebanyak 620.910 lembar.

Hingga berita ini ditulis, petugas KPU masih menurunkan surat suara dari kontainer pertama. Kontainer yang kedua baru akan diturunkan setelah selesai proses pembongkaran yang pertama. Seluruh surat suara itu ditempatkan di gudang KPU Kabupaten Kediri di Desa Gogorante, Ngasem.

Secara keseluruhan, surat suara untuk Pemilu 2019 sebanyak lima macam. Selain untuk pemilihan anggota DPRD Jatim, juga surat suara DPR RI, DPRD Kabupaten, DPD, dan pemilihan presiden (pilpres).

“Kami masih menunggu untuk penjadwalan pengiriman keempat jenis surat suara lainnya,” aku Sapta.

Kebutuhan surat suara di Kabupaten Kediri pada dasarnya adalah sejumlah daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPT-HP). Kebutuhan tersebut masih ditambahkan sebanyak dua persen untuk cadangan. Sehingga total kebutuhan di Kabupaten Kediri ditambah cadangan adalah 1.253.622 surat suara.

“Berapa pun yang telah kami terima hari ini akan langsung kami laporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Jatim. Agar nantinya jika ada kekurangan bisa segera dilakukan penambahan dalam pengiriman yang selanjutnya,” imbuhnya.

Sapta menyadari bahwa surat suara merupakan elemen vital dalam pelaksanaan pemilu sendiri. Oleh karena itu, ia akan berusaha memberikan jaminan atau garansi agar terbangun kepercayaan di masyarakat.

Dalam pengiriman kemarin, KPU melibatkan kepolisian untuk mengawalnya. Dua orang polisi bersenjata lengkap selalu siaga. Baik saat truk datang maupun saat pembongkaran.

Untuk diketahui, jumlah DPT-HP di Kabupaten Kediri sendiri berjumlah sebanyak 1.226.382 pemilih. Sedangkan untuk surat suara cadangan sebanyak 24.528. Yaitu sebanyak dua persen dari jumlah DPT-HP yang ada. Namun kebutuhan surat suara cadangan tersebut dibulatkan hingga menjadi 27.240.

(rk/die/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia