Kamis, 27 Jun 2019
radarkediri
icon featured
Politik

KPU Kota Sudah Terima Surat Suara untuk Dua Daerah Pemilihan

08 Februari 2019, 18: 25: 12 WIB | editor : Adi Nugroho

surat suara pileg

UNTUK PILEG: Petugas menurunkan kardus berisi surat suara untuk pileg di kantor KPU Kota Kediri, Jl Jaksa Agung Suprapto, kemarin. (Didin Saputro - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KOTA - Sebanyak 142.621 lembar surat suara telah sampai di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, kemarin (7/2). Namun itu belum jumlah secara keseluruhan. Yang baru dikirim adalah surat suara untuk pemilihan calon anggota legislatif (pileg).

Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofiq menyampaikan bahwa surat suara yang datang masih untuk daerah pemilihan (dapil) 1 Kecamatan Kota dan dapil 3 Kecamatan Mojoroto.

“Untuk dapil 2 menyusul. Sepertinya nanti bertahap sampai tiga kali pengiriman. Tahap terakhir adalah surat suara untuk pilpres (pemilihan presiden),” ujar pria yang karib disapa Gus Rofiq tersebut.

Total keseluruhan surat suara dari dapil 1 hingga 3 ada sebanyak 206.060 lembar. Rinciannya, dapil 1 sebanyak 64.623 lembar; dapil 2 ada 63.439 lembar; dan dapil 3 sebanyak 78.578 lembar.

Sementara untuk jumlah 206.060 lembar itu, lanjut Rofiq, belum termasuk surat suara pilpres. “Untuk surat suara pilpres jumlahnya sama, 206 ribu. Dan itu jika ditotal sebanyak 412.120,” katanya.

Jumlah surat suara itu belum termasuk untuk daftar pemilih tambahan (DPTb). Ditanya kapan pengiriman surat suara lain, Rofiq belum bisa memastikannya. Sebab ini dilakukan secara bertahap dan tergantung percetakannya. Di mana untuk surat suara yang dikirim ke KPU Kota Kediri merupakan kiriman dari percetakan PT Temprina (Jawa Pos Group) di Nganjuk. “Nanti (surat suara lain) akan segera menyusul untuk kloter berikutnya,” sebutnya.

Surat suara yang belum dikirim adalah surat suara untuk pilpres, pileg DPR RI, DPD, dan DPR Provinsi Jawa Timur. Kemarin, sekitar pukul 13.00 WIB, petugas ekspedisi terlihat memindahkan ratusan boks berisi surat suara dari kontainer ke ruang khusus di kantor KPU. Di mana setiap boks terisi 500 surat suara. Dari keseluruhan surat suara yang datang, Rofiq mengungkap bahwa kondisi surat suara telah dalam posisi dua lipatan

“Nanti kita lanjut melipatnya sambil kita lakukan verifikasi ada kerusakan atau tidak. Lalu dilanjutkan untuk memposisikan lipatannya hingga sempurna,” terangnya.

Untuk pelipatan, KPU Kota akan melibatkan warga sekitar. Proses pelipatannya, pihak KPU menunggu hingga seluruh surat suara datang dan selanjutnya dilakukan pelipatan serta penyortiran.

“Misalkan ada kerusakan kita laporkan ke KPU provinsi dan dilakukan penggantian surat suara yang rusak. Termasuk yang kurang ini juga akan langsung disampaikan ke provinsi,” jelas pria bersongkok itu.

Untuk kepastian berapa surat suara yang akan ditambahkan, Rofiq belum bisa menyebutkannya. Sebab selama ini DPTb juga belum final. “KPU pusat akan menambahkan beberapa persen dari total DPT. Namun untuk pemilu ini kita belum mengetahui berapa total persentase penambahannya,” pungkasnya.

Kebutuhan Surat Suara (SS) di Kota Kediri  

Wilayah          DPT        Tambahan 2%      SS Keseluruhan

Kota             63.188                1.435          64.623

Pesantren      62.026                1.413          63.439

Mojoroto      76.636                1.720          78.356

Total           201.850               4.568          206.418

Data KPU Kota Kediri

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia