Sabtu, 19 Oct 2019
radarkediri
icon-featured
Events

Catatan Ekspedisi Wilis I, Potensi Wisata Pegunungan Wilis (Habis)

Tawarkan Sunrise Point yang Menakjubkan

04 Februari 2019, 19: 17: 39 WIB | editor : Adi Nugroho

ekspedisi wilis pesona alam

SEJUTA PESONA: Anggota tim Ekspedisi Wilis I berada di kawasan Ngebrak, salah satu area di Pegunungan Wilis yang menyimpan banyak pesona alam. (M Arif Hanafi - radarkediri.id)

Share this          

Sejuta potensi wisata ditawarkan di lereng timur Gunung Wilis. Namun, wisata itu kurang lengkap jika belum melihat langsung matahari terbit (sunrise) dari kawasan ini. Pemandangan sunrise di tempat ini jadi satu penawaran istimewa.

Semua kawasan di lereng Wilis memang sangat istimewa. Keragaman wisata yang ada juga menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang berkunjung. Tak terkecuali bagi tim Ekspedisi Wilis I. Meski pada beberapa kawasan masih terkendala akses. Seperti jalan rusak dan sempit. Namun itu tak membuat mereka kecewa. Justru itu menjadi satu tantangan agar selanjutnya bisa melihat keindahan.

“Usaha kita untuk menempuh sejumlah lokasi yang bisa dibilang ekstrem bisa terbayar. Karena pemandangan yang ditawarkan sangat indah, jarang ditemui di lokasi lain,” kata salah satu anggota tim Ekspedisi Wilis I Habibah A. Muktiara.

Memang selama ini kawasan Wilis dalam segi infrastruktur masih minim. Namun beberapa tahun terakhir, pemerintah telah berupaya untuk melakukan pembangunan di kawasan ini. Sekaligus untuk menyongsong proyek pengembangan Lingkar Wilis yang digadang menjadi kawasan wisata andalan Provinsi Jawa Timur tersebut.

Salah satu potensi yang tak kalah menarik adalah pemandangan pagi hari. Selama ini, di Jatim, yang menjadi primadona adalah ketika matahari muncul dari belakang pegunungan Tengger. Terutama saat kondisi cerah.

Nah, dari kawasan Wilis ini juga menyimpan pesona yang tak kalah menarik. Bila menemukan spot yang pas, bisa melihat pemandangan daerah yang lebih rendah. Bahkan, di kejauhan bisa dilihat megahnya Gunung Kawi di Kabupaten Malang. Tepat di belakang Gunung Kelud yang lebih rendah. Gunung Semeru pun ikut mengintip.

Lebih jauh ke timur, awan tipis yang menyelimuti wilayah timur Kabupaten Kediri juga bisa terlihat eksotis. Seeksotis ‘si mungil’ Gunung Klotok. Gunung keil ini bahkan tampak jelas. Mewakili wilayah Kota Kediri yang lokasinya memang tak jauh dari Pegunungan Wilis.

Lokasi untuk melihat matahari terbit pun sudah ada di beberapa titik. Dari keterangan Deni, anggota tim Ekspedisi Wilis dari Disparbud Kabupaten Kediri, masih ada sejumlah titik yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi wisata melihat sunrise.

“Biasanya yang sering digunakan untuk melihat view sunrise adalah di daerah Jugo. Tapi sebenarnya ada tempat lain yakni di dekat Taman Kelir daerah Sumberpodang,” terangnya.

Kawasan itu dinamakannya sunrise point P-29 MTMA. Sebagai penanda bila nanti menjadi jujukan lagi ketika hendak ke sana. Di spot tersebut sederhana, berada di lahan jagung milik warga. Pemandangannya sangat indah. Dan sangat potensi sekali menjadi spot wisata baru untuk menikmati matahari terbit.

“Tinggal modal tenda dan peralatannya. Sekaligus menata lahan terasering yang ada,” ujarnya.

Menurutnya, pemandangan dari sana sangat menakjubkan. Dan sangat potensial sekali untuk dikembangkan. Terlebih daerah itu bisa menjadi satu paket dengan kawasan Wisata Sumberpodang yang selama ini telah dikenal.

Dari pantauan tim Ekspedisi Wilis I, lokasi-lokasi lain yang potensi sebagai tempat strategis menikmati matahari terbit ada di daerah Pamongan. Tepatnya di kawasan air terjun Parijoto. Bak negeri di atas awan, dari sana, pemandangan Kota Kediri sangat jelas. Diapit sejumlah bukit yang menjulang.

Lokasi lain juga bisa dijumpai di daerah Puhsarang dengan pemandangan Gunung Klotok. Juga di daerah Petungroto yang masih mudah dijumpai hutan pinus. Jika berada di kawasan hutan tersebut, matahari pagi seolah menembus celah tajuk daun. Memberikan pemandangan sorot cahaya matahari yang menakjubkan. Ditambah kabut tipis yang menyelimuti pagi itu.

Tak ketinggalan, di bekas kawasan landasan pesawat tentara Jepang. Pemandangan sunrise pun juga tak kalah istimewa, diapit beberapa puncak tak menghalangi sinar matahari terlihat tampak indah. Seolah datang menghampiri, menghangatkan suasana yang dingin di kawasan Wilis pagi itu.

(rk/baz/die/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia