Sabtu, 25 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Pemkot Siapkan Tambahan Tiga Bidang Prodamas Plus

23 Januari 2019, 14: 09: 38 WIB | editor : Adi Nugroho

BAGI INFORMASI : Perwakilan dari Pemkot saat memberikan sosialisasi Prodamas Plus di Kantor Kelurahan Banjaran, tadi malam (22/1).

BAGI INFORMASI : Perwakilan dari Pemkot saat memberikan sosialisasi Prodamas Plus di Kantor Kelurahan Banjaran, tadi malam (22/1). (Didin Saputro - radarkediri.id)

Share this          

Masyarakat Kota Kediri perlu berbangga, karena Pemerintah Kota (Pemkot) tahun depan secara resmi akan memberlakukan program pemberdayaan masyarakat (Prodamas) Plus.

Hal ini setelah Prodamas yang dijalankan dan ternyata mendapatkan antusiasme serta apresiasi dari masyarakat. Untuk itu, Pemkot kembali mengembangkan Prodamas menjadi Prodamas Plus yang akan direalisasikan pada 2020 mendatang.

Saat ini Pemkot tengah melakukan sosialisasi untuk perencanaan Prodamas Plus tadi. Kegiatan sosialisasi ini dimulai sejak sejak 21 Februari hingga 8 Februari. Seperti kemarin (22/1) malam, sosialisasi dilakukan di kantor Kelurahan Banjaran, juga diikuti dari perwakilan Kelurahan Ngadirejo serta Dandangan.

Tidak seperti tahun sebelumnya. Jika tahun lalu hanya mencakup infrastruktur, sosial dan ekonomi. Untuk Prodamas Plus 2020 nanti akan ada tambahan bidang yakni pendidikan, kesehatan dan kepemudaan. Dengan anggaran pada masing-masing

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Edi Darmasto menyampaikan, setiap RT dari masing-masing kelurahan diminta tahun 2019 ini untuk segera mempersiapkan proposal.

Nantinya alokasi anggaran untuk Prodamas Plus ini lebih tinggi, yakni Rp 100 juta per RT. Namun untuk alokasinya, Pemkot memberikan syarat wajib, yakni setiap RT wajib mengutamakan pembuatan sumur resapan paling sedikit tiga titik atau biopori paling sedikit 10 titik.

“Setiap RT juga wajib mengusulkan pembayaran iuran Jaminan Kesehatan Nasional melalui BPJS Kesehatan bagi warganya yang belum masuk dalam daftar jaminan kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, dalam bidang infrastruktur, setiap RT juga diperbolehkan untuk melakukan pembangunan infrastruktur skala kecil, seperti rehabilitasi gedung posyandu, pos kamling atau pembuatan taman di lingkungan RT.

Sementara kegiatan bidang kesehatan dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan pengadaan peralatan pendukung bidang kesehatan di masyarakat tingkat RT dalam skala kecil.

“Nanti bisa membuat pengadaan mebeleur dan peralatan kesehatan bagi Posyandu lansia berupa alat-alat cek kesehatan (gula darah, kolesterol, asam urat) juga Posyandu Balita berupa timbangan injak, timbangan dacin, celana timbang, keranjang timbang,” tambahnya.

Sementara bidang sosial bisa melalui pemberian santunan natura (bantuan bahan makanan) bagi warga kurang mampu (warga yang masuk BDT) dalam skala kecil dengan nilai maksimal Rp 250 ribu. “Atau pengadaan seragam kegiatan seni dan budaya lokal dalam skala kecil seperti hadrah, jaranan, dan seni tari tradisional lainnya,” jelas Edi.

Untuk ekonomi bisa berupa bantuan sarana dan prasarana pendukung usaha ekonomi kerakyatan bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dalam skala kecil yang telah memiliki usaha ekonomi produktif dan telah berjalan sekurang-kurangnya satu tahun. Juga pelatihan keterampilan dan pelatihan kerja bagi warga.

Di bidang pendidikan bisa pengadaan sarana prasarana/fasilitas TPA/TPQ, kejar paket, taman baca masyarakat. Terakhir adalah untuk bidang kepemudaan bisa untuk pembelian peralatan olahraga atau untuk pelatihan olahraga.

Kepala Bagian Pemerintahan Kota Kediri Un Achmad Nurdin menerangkan sosialisasi ini dalam rangka pembekalan rembuk warga untuk menyongsong Prodamas Plus 2020.

"Harapannya semua ketua RT, RW, lurah serta perwakilan warga bisa paham terkait program ini. Sehingga dengan ini nanti mereka bisa memformulasikan perencanaan prodamas Plus dengan baik," pungkasnya.

Dalam sosialisasi semalam Un menyampaikan materi tentang apa saja yang perlu dipersiapkan dalam rancangan prodamas plus nanti. Juga jadwal pelaksanaan prodamas tersebut.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia