Kamis, 27 Jun 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

BBM Turun, Harga Jual Barang dan Jasa Terpengaruh

22 Januari 2019, 19: 14: 31 WIB | editor : Adi Nugroho

bbm turun

BERDAMPAK: Karyawan SPBU melayani seorang pengendara sepeda motor di Jalan Mayor Bismo, Kelurahan Semampir, Kota Kediri. (Ramona Valentin - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI– Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi per 5 Januari 2019 berdampak di sektor ekonomi. Disebabkan turunnya harga rata-rata minyak mentah dunia, hal itu dalam jangka pendek berdampak pada inflasi. Termasuk di Kota Kediri.

Dalam jangka panjangnya, BBM non-subsidi ini mampu mempengaruhi harga jual barang dan jasa di masyarakat. Edi Mangun, communication and corporate social responsibility (CSR) Pertamina MOR V, mengakui pada 5 Januari lalu harga BBM non-subsidi turun Rp 100 hingga Rp 250 per liter.

Penurunan harga tersebut terjadi pada pertamax series, dex series, dan pertalite. Harga pertalite turun Rp150 per liter, pertamax turun Rp 200 per liter, pertamax turbo turun Rp 250 per liter, dexlite turun Rp 200 per liter, dan dex turun Rp 100 per liter. “Penurunan harga ini merupakan hasil penyesuaian dari harga rata-rata minyak mentah dunia,” ujarnya pada Jawa Pos Radar Kediri.

Selain itu, juga hasil dari menguatnya nilai rupiah terhadap dolar Amerika. Dijelaskan Edy, Pertamina akan terus mengevaluasi untuk penetapan harga BBM sesuai perkembangan harga minyak mentah dunia. Untuk harga pertalite saat ini Rp 7.650 pe rliter, pertamax Rp 10.200, pertamax turbo Rp 12 ribu per liter. Sedangkan dexlite Rp 10.300 dan dex senilai Rp 11.750 per liter.

Sementara itu, Adi Wijaya, kepala distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri mengatakan, dampak yang muncul usai penurunan harga tersebut langsung berperngaruh pada inflasi Januari. Dalam jangka panjang, pengaruhnya pada harga jual barang dan jasa di masyarakat.

Adi juga menjelaskan, bila besar kecilnya persentase dan andil dalam inflasi masih belum bisa ditentukan hingga akhir Januari mendatang. “Informasi selanjutnya bisa didapatkan saat rilis inflasi Januari,” paparnya.

Penentuan andil dalam inflasi dapat ditentukan melalui hasil pengamatan dan sejauh mana masyarakat Kota Kediri menggunakan BBM non-subsidi tersebut.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia