Jumat, 18 Jan 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Nostalgia Bekas Bioskop Kencana

Cinema XXI Segera Buka di Lantai 3 Ramayana

10 Januari 2019, 12: 11: 37 WIB | editor : Adi Nugroho

SUDAH DIPAJANG: Pusat perbelanjaan Ramayana telah memajang lokasi bakal bioskop Cinema XXI di lantai 3. Saat ini tempat nonton film tersebut dalam pengerjaan.

SUDAH DIPAJANG: Pusat perbelanjaan Ramayana telah memajang lokasi bakal bioskop Cinema XXI di lantai 3. Saat ini tempat nonton film tersebut dalam pengerjaan. (Didin Saputro - radarkediri.id)

KEDIRI KOTA– Warga Kota Tahu dipastikan bakal bisa bernostalgia. Ini setelah keberadaan bioskop baru yang tahun ini akan meramaikan dunia perfilman di Kota Kediri. Lokasi bekas bioskop lama Kencana yang selama ini hanya tinggal nama bakal dibuka kembali.

Namun namanya bukan lagi Kencana. Tetapi bioskop nasional bernama Cinema XXI. Perusahaan bioskop dari ibu kota tersebut sudah pasti masuk ke salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kediri. Yakni Ramayana Departemen Store di Jalan PB Sudirman, Kota Kediri.

“XXI sudah selesai mengurus perizinan sejak tahun 2018, dan saat ini telah melakukan pengerjaan di lantai 3 Ramayana,” kata Supervisor Ramayana Nurhadi saat ditemui Jawa Pos Radar Kediri, kemarin.

Dahulu sebelum dibangun gedung Ramayana, di lokasi tersebut berdiri bioskop legendaris Kota Kediri. Yakni Bioskop Kencana. Bahkan jauh sebelumnya, bioskop tersebut pernah berganti nama dari REX menjadi RIA. Bioskop REX sendiri berjaya di era kemerdekaan.

“Iya, memang sebelum berdiri Ramayana di sini adalah gedung bioskop tua,” jelas Hadi.

Dia pun mengharap, masuknya satu Cinema XXI di bekas gedung bioskop legendaris Kota Kediri ini mampu membuat warga bernostalgia. Apalagi selama puluhan tahun, Kota Kediri hanya memiliki satu bioskop sebagai pilihan tempat menonton film.

Padahal sebelum tahun 2000, setidaknya ada lima gedung bioskop yang berdiri. Di antaranya Central, Jaya, Garuda, dan Pagora. Sementara untuk tahun ini, ada dua bioskop baru yang bakal masuk. Selain Cinema XXI juga ada CGV Cinemas di Kediri Mall. Sehingga ke depan Kota Tahu akan memiliki tiga bioskop.

Menurut Hadi, masuknya bioskop ini tak lepas dari kabar meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Kota Kediri. “Mereka melihat potensi dan ketertarikan dengan Kota Kediri karena ekonomi dan pembangunan di sini mulai bagus. Apalagi juga melihat rencana pembangunan lapangan terbang,” terangnya.

Hal tersebut ternyata benar-benar dimanfaatkan para investor untuk menanamkan modalnya. Terlebih adanya rencana pembangunan jalan tol dan bandara di Kabupaten Kediri, dipastikan mampu menjadi magnet para investor.

Selain bioskop, tanda kedatangan investor baru tersebut dimulai dari masuknya sejumlah tenant-tenant nasional ke sejumlah pusat perbelanjaan. Baik tenant kuliner maupun properti. Seperti Ace Hardware dan Informa, Burger King, J-Co, Miniso, dan lain sebagainya. Tenant tersebut hanya ada di kota-kota besar saja.

Hadi menambahkan bahwa selain Cinema XXI, beberapa waktu yang lalu pihak KFC juga melakukan survei ke Ramayana. Namun untuk kepastian masuk atau tidaknya KFC ke pusat perbelanjaan itu belum bisa dipastikan. “Mungkin nanti, banyak yang masuk sini setelah bioskop jadi,” ujarnya.

Untuk diketahui, bioskop Cinemas XXI telah dikerjakan sejak November 2018 dan diperkirakan selesai pada April tahun ini. Nantinya akan ada 4 studio yang dibangun di lantai 3 dengan luas hampir 2000 meter persegi (m2). Dengan hadirnya bioskop baru ini pastinya warga kota akan semakin banyak pilihan untuk melihat film. Persaingan dunia perfilman pun bakal semakin ketat.

(rk/baz/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia