Senin, 16 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Features
Didiet Maulana

Terpesona dengan Tenun Ikat

09 Januari 2019, 17: 19: 39 WIB | editor : Adi Nugroho

didiet maulana

Didiet Maulana (Ramona Valentin - radarkediri.id)

Share this          

Garis-garisnya yang menawan, ternyata tidak hanya memikat warga lokal. Tenun ikat Kediri juga membuat sosok desainer nusantara, Didiet Maulana tertarik mendalaminya.

Didiet begitu terkesan dengan tenun ikat Kota Kediri sejak proses pembuatannya. “Di sini atmosfernya bagus ya, perajinnya tekun dan kreatif. Motifnya beranekaragam,” ungkapnya saat dijumpai Jawa Pos Radar Kediri.

Didiet, begitu ia akrab disapa, mengaku bingung saat harus memilih tenun mana yang akan ia gunakan di event Dhoho Street Fashion. Kali ini merupakan kesempatan kedua bagi laki-laki yang mengenakan busana warna abu-abu ini menampilkan desain-desainnya yang terbuat dari tenun ikat Kota Kediri di hadapan khalayak umum.

Pertama kali ia mengisi acara fashion show bertema tenun ikat ini adalah tahun 2017 lalu. Tahun tersebut juga kali pertama ia mengenali dan mengagumi detail tenun ikat Kota Kediri.

Bukan tanpa sebab ia begitu tertarik dan terpesona dengan tenun ikat Kota Kediri. Jebolan arsitektur Universitas Prahayangan ini memang tidak ingin kekhasan lokal hilang begitu saja. “Kalau tenun ikat nggak ada yang melestarikan, kan sayang aja. Ini punya Indonesia,” ungkapnya.

Ia berharap agar budaya  lokal yang dimiliki tidak hilang begitu saja. Tenun sendiri bagi Didiet adalah sisi geometri, yang mengingatkannya akan ilmu arsitektur yang pernah ia pelajari semasa duduk di bangku perguruan tinggi.

Di even yang dilaksanakan di Taman Sekartaji Kediri ini, Didiet menampilkan 24 karyanya dalam balutan tema Warisan Agung Panji Sekartaji yang mengusung tenun ikat kasual. “Kediri itu bagus lho, semangatnya ada semua, perajin tenun ikatnya, masyarakatnya juga. Ada acara begini, juga ramai banget,” pungkasnya sambil tersenyum.

 

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia