Senin, 19 Aug 2019
radarkediri
icon featured
Kolom

Realistis Saja

07 Januari 2019, 16: 26: 14 WIB | editor : Adi Nugroho

Oleh : Habibah Annisa Muktiara

Oleh : Habibah Annisa Muktiara

Share this          

Selamat tinggal tahun 2018. Dan, selamat datang tahun 2019. Di awal tahun, banyak orang yang mulai membuat resolusi bagi dirinya masing-masing. Membuat resolusi sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang karena tentu kita yang membuat sendiri dan menentukan sendiri daftar yang dimau. Susahnya? Tentu saja mewujudkannya kan?

Dalam resolusi yang dibuat, terdapat bermacam-macam keinginan dituliskan. Mulai dari keinginan untuk memulai hidup sehat, dengan rajin berolahraga. Hingga ingin memiliki berat badan yang ideal. Dan beberapa keinginan lain yang ingin dicapai di tahun 2019. Pada intinya, resolusi ini seperti sebuah deretan keinginan yang betul-betul diwujudkan di tahun yang baru.

Jujur saja di tahun 2018, beberapa banyak daftar resolusi yang sudah terwujud di tahun sebulumnya? Mungkin belajar dari tahun lalu, untuk lebih realistis dalam membuat daftar resolusi yang akan dilakukan. Agar nantinya resolusi tersebut tak hanya sekedar sebuah resolusi yang tidak terlaksanakan.

Agar resolusi tersebut berhasil, sebaiknya lebih dahulu membuat daftar yang masuk akal. Jangan membuat daftar resolusi yang tidak tidak masuk akal. Atau kemungkinan tidak terjadi.

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) resolusi satu kata dengan bermacam makna. Jika kata orang yang berkecimpung di dunia fotografi, resolusi di sini lebih mengarah ke ukuran besar kecilnya pixel. Semakin tinggi resolusi, semakin kecil ukuran pixel. Dan sebaliknya, semakin besar rendah resolusi akan semakin besar ukuran pixelnya. Nah, sama halnya dengan resolusi pada foto semakin tinggi apa yang diinginkan akan semakin kecil juga tingkat ketercapaiannya. Namun sebaliknya, semakin biasa-biasa saja tujuan yang kita capai maka semakin besar juga tingkat ketercapaiannya.

Yang paling penting adalah instropeksi dengan refleksi diri dalam membuat resolusi. Dalam membuat resolusi, jangan lupa untuk melakukan skala prioritas.  Mana yang akan dilakukan terlebih dahulu dan penting dilakukan. Sehingga capaian-capaian yang berkualitas yang nantinya akan tercapai dengan baik.

Yakni dengan merenungi pengalaman membuat resolusi ditahun sebelumnya. Agar tidak jatuh pada lubang yang sama. Selanjutnya, kita dapat menetapkan resolusi untuk memulai menjalani kehidupan baru. Di tahun yang baru, tentunya. (Penulis adalah Wartawan Jawa Pos Radar Kediri)

(rk/baz/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia