Rabu, 11 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Hmmm....Meja Makan Penggugah Selera

01 Januari 2019, 14: 05: 30 WIB | editor : Adi Nugroho

meja makan

MINIMALIS: Salah satu desain meja makan. (Ramona Valentin - radarkediri.id)

Share this          

Duduk bersama sambil saling menatap, menyantab makanan bersama memang momen yang indah. Wajar bila properti di sekitar membuatnya lebih nikmat dan enjoy. Kali ini Jawa Pos Radar Kediri sedang membahas tentang meja makan. Properti ini memang terkesan simpel dan sepele, namun, kehadirannya dalam hunian memberikan warna tersediri. Tak sekedar untuk makan, tapi juga lokasi yang pas untuk saling bertukar pikiran dengan yang tersayang.

Pantas saja, perkembangan hunian dan dunia properti saat ini menyediakan berbagai model dan desain meja makan yang dibutuhkan masyarakat. Dari sejenis meja makan biasa, meja makan dengan konsep kreatif hingga meja makan luxury class. “Meja makan memang properti yang dibutuhkan ya, masyarakat hanya perlu menyesuaikan ukurannya dan konsep yang diinginkan,” terang Maya Handayani, kepala toko Paradiso Kediri. Sambil menunjukan berbagai varian meja makan. Ia mengungkapkan bila meja makan salah satu properti yang sering dicari. Tidak sekedar kebutuhan dan tren saja, meja makan menambah kesan identitas pada sebuah hunian. Baik yang memiliki empat kursi maupun meja makan memanjang, semua tergantung kebutuhan dan disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. “Kalau mejanya etnik, unik ada sajiannya dan dibuat makan bersama. Pasti fungsinya bukan sekedar meja,” pungkasnya sambil tersenyum.

meja makan modern

MODERN: Meja makan juga bisa menjadi salah satu penanda gaya hidup. (Ramona Valentin - radarkediri.id)

1.      Meja Makan Etnik

Yang satu ini memang meja makan yang terkesan santai. Memanfaatkan bagian permukaan dengan kaca tanpa sudut lancip. Simpel, itulan kesan pertama saat mata tertuju pada properti satu ini. Kesan etniknya muncul dari bagian kaki meja yang memanfaatkan kayu berbetuk tabung memanjang dan mengkerucut ke bawah. Ditambah dengan kursi makannya yang bermotif dan berlapis kayu, membuat nya tak sekedar untuk makan saja, tapi juga untuk nongkrong atau sekedar menikmati secangkir kopi. “Ini memang berbeda, konsep dari desainnya bisa dimanfatkan untuk meja makan di dalam ruangan atau di luar ruangan,” ungkap Maya sambil menyentuh bagian kaki meja.

2.      Meja Makan Minimalis

Dibilang minimalis karena cenderung tak memiliki lekukan pada sudut-sudutnya. Dari ujung kaki meja, permukaan hingga kursi memiliki minim liukan-liukan. “Kalau meja ini walaupun untuk minimalis, tidak jarang digunakan untuk kantor,” papar Maya. Kesan minimalis pun tidak selalu monoton karena bersudut-sudut. Tapi motif yang tersembunyi di bawah kaca pada meja makan. Motif yang dimunculkan cenderung abstrak, ditonjolkan ditengah bentuk persegi meja makan. Sehingga meja tidak terkesan polos dengan kaca. Tereksan simpel dan tetap elegan dengan tonjolan sudut-sudut mejanya.  Kursi yang dipadukan cukup fleksibel, tak meluli harus bersudut, meja dengan sudut siku-siku ini bisa digandengan dengan kursi yang memiliki lekukan.

3.      Meja Makan Luxury Class

Ini memang berbeda dari kedua meja sebelumnya, meja luxury class memang diciptakan untuk kalangan menengah atas. Terkesan mewah dan glamor, kilauan besi pada lapisan kursinya membuat siapapun yang duduk dan menyantap makanan di meja ini akan merasa berharga. Bikan kayu ataupun kaca, permukaan pada meja sekelas ini adalah batu marmer. Motif pada batunya pun menonjol dan berwaran crem, apa pun sajian makanannya, bila ditaruh dimeja in.i akan terlihat mencolok. Backgorund warna cerah membuatnya terlihat bersih. “Ini kebetulan buatan import, dari Cina. Desain khususnya juga terdapat di bantalan kursinya juga empuk dan berkelas. Bermotif kulit buaya,” terangnya.

Etika Makan yang baik di meja makan

1.      Cuci tangan kita lalu berdoa sebelum menyantab makanana di meja makan

2.      Makan dengan posisi duduk,  adalah memanfaatkan kursi yang tersedia di sebelah meja makan, selain itu lebih sopan

3.      Menggunakan peralatan makan sesuai fungsinya

4.      Hindari perkataan negatif dan suara mengunyah dengan mulut terbuka yang akan mengganggu orang di sekitar

5.      Ambil makanan dengan porsi yang secukupnya, tidak terlalu berlebihan

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia