Rabu, 22 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Events

Antisipasi Macet, Lihat Peta Pengalihan Arus di Malam Tahun Baru

31 Desember 2018, 19: 41: 42 WIB | editor : Adi Nugroho

pengalihan arus tahun baru

Peta Pengalihan Arus (Grafis: Afrizal - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KABUPATEN – Bagi warga Kediri dan sekitarnya yang ingin bermalam tahun baru di Kediri, ada baiknya memperhatikan benar rekayasa lalu lintas oleh dishub dan polisi. Sebab, baik di Kota Kediri maupun Kabupaten Kediri banyak pengalihan arus akibat beberapa kegiatan.

Di antara yang ditutup itu adalah beberapa titik menuju kawasan SLG. Sebab di tempat itu menjadi puncak perayaan tahun baru. Polisi pun menetapkan kawasan itu sebagai car free night.

“Arus lalu lintas akan dialihkan mulai pukul 16.00 hingga 01.00 WIB,” terang Kasatlantas Polres Kediri AKP Hendry Ibnu Indarto. Sejak saat itu, semua angkutan barang selain yang mengangkut BBM dan sembako tak bisa melintas.

Bus dan truk yang ke arah Pare atau Malang akan dialihkan. Yaitu melalui Kantor Pos Besar ke utara. Menuju Papar dan ke Pare. Sedangkan kendaraan roda empat dialihkan dari simpang tiga Tepus ke utara. Melalui Ngasem terus ke Pare.

Yang dari Nganjuk, dialihkan melalui Semampir ke utara menuju Papar dan belok ke Pare. Sedangkan yang dari arah Pare dilewatkan Patung Garuda ke barat, ke arah Papar.  Dan yang menuju Blitar melalui Gedangsewu, Plosoklaten, kemudian Wates.

“Sekitar pukul 18.00 hingga 01.00 WIB, semua kendaraan mulai dari roda dua dan roda empat dilarang melewati Kawasan SLG,” ungkap Hendry.

Berdasarkan keterangan yang didapatkan Jawa Pos Radar Kediri, selain melakukan rekayasa lalu lintas pada malam perayaan tahun baru 2019, mereka juga mengantisipasi aksi balap liar. Bahkan, satlantas secara khusus membentuk tim dalam rangka mengantisipasi hal itu.

“Kami berharap selama melaksanakan kegiatan tahun baru warga tetap mematuhi peraturan,”  harap Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal Saiful Faton. Mematuhi peraturan di antaranya dengan membawa kelengkapan kendaraan. Selain itu diimbau agar tidak menggunakan knalpot brong. Tujuannya agar pelaksanaan malam pergantian tahun baru berjalan dan lancar.

Di SLG, memang terpusat beberapa kegiatan perayaan tahun baru. Ada panggung gembira yang menghadirkan artis nasional. Juga, bakal ada pesta kembang api di lokasi ini.

Dishub dan polisi juga berusaha mengantisipasi banyaknya massa yang datang. Termasuk menyediakan lokasi parkir bagi kendaraan. Lokasi parkir itu disediakan sebelum lokasi SLG.

Sementara itu, di Kota Kediri, polisi juga mewaspadai tingkat keramaian yang bakal terpusat di Alun-Alun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu diadakan doa bersama di tempat itu. Serta dilakukan penutupan jalan dari arah selatan.
Penutupan itu bakal mengakibatkan penambahan kepadatan di daerah Kaliombo, Bandarngalim, dan sekitarnya.

“Dilakukan pengaturan untuk penguraian di tempat yang padat kendaraan,” ujar Kanit Turjawali Satlantas Polres Kediri Kota Ipda Priyo Hadisetyo.

Ia menjelaskan bahwa pengaturan lalu lintas pada malam tahun baru itu mereka, juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kediri. Terutama dengan kegiatan pengendalian arus lalu lintas yang terpusat di Alun-Alun.

Priyo juga menjelaskan bahwa rawan keramaian pada sekitar pukul 00.00 WIB pada Selasa (1/1) saat bubaran merayakan tahun baru. “Melihat tahun-tahun sebelumnya, pusat keramaian saat tahun baru berada di kabupaten. Tepatnya di (Simpang Lima) Gumul. Namun saat bubaran menuju ke arah kota diperkirakan ramai kendaraan pulang,” imbuhnya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia