Rabu, 22 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Layani Pengisian BBM ke Drum, SPBU Wonorejo Terbakar

31 Desember 2018, 19: 12: 41 WIB | editor : Adi Nugroho

spbu kebakaran

HANGUS: Kondisi SPBU dan mobil usai kebakaran. (Didin Saputro - radarkediri.id)

Share this          

PUNCU - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Dusun Biro, Desa Wonorejo, Puncu terbakar tadi malam (29/12). Diduga pemicunya karena percikan api dari drum pembeli saat melakukan pengisian. Akibatnya satu unit mobil Avanza Silver dan Honda Beat ludes terbakar.

Kasi Humas Polsek Puncu Aiptu Jiwo Santosa mengungkapkan peristiwa kebakaran tersebut terjadi pukul 19.00 WIB. "Dari hasil penyelidikan sementara, kebakaran terjadi karena adanya percikan api dari salah satu pembeli," ujarnya saat dikonfirmasi Jawa Pos Radar Kediri.

Pembeli tersebut menggunakan drum kecil. Saat itu terlihat api keluar saat petugas SPBU melakukan pengisian. Dari percikan itulah, api lantas langsung membesar sekaligus melahap sepeda motor tersebut. Tak hanya itu, mobil avanza milik Sutono, warga Besowo, Kepung yang berada tepat di belakangnya pin tak luput dari sambaran api. "Kejadiannya tepat di stasiun pengisian premium dan pertalite. Tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut," jelas Jiwo.

Sementara Sujito, warga setempat mengaku awalnya mendengar ledakan keras dari SPBU yang berjarak sekitar 200 meter dari rumahnya. Ledakan awal sebanyak dua kali. Sujito hanya kaget namun belum curiga pada hal tersebut.

"Total ledakan empat kali. Berasal dari pecahnya ban mobil. Awalnya biasa saja tapi saya lihat ada kobaran api yang besar terus lari," ujar ayah dari salah satu petugas SPBU saat ditemui di lokasi kejadian.

Sujito menyampaikan bahwa ketika kejadian, putrinya sedang bekerja di shift tersebut. Sujito melihat putrinya itu berlarian teriak pada warga yang mencoba mendekat karena mengabadikan kebakaran dengan ponsel. "Warga dan petugas SPBU menarik mobil dengan tambang. Lainnya berusaha memadamkan api dengan air dan apar," imbuhnya.

Sementara itu, api dapat dipadamkan pukul 19.30 WIB. Selain menggunakan peralatan pemadam di SPBU juga dibantu dua mobil PMK Pare. Dari kejadian tersebut diperkirakan kerugian mencapai Rp 700 juta.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia