Sabtu, 25 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Belasan Kepala Sekolah SMA/SMK Dimutasi

31 Desember 2018, 19: 02: 12 WIB | editor : Adi Nugroho

Belasan Kepala Sekolah SMA/SMK Dimutasi

Share this          

KEDIRI KOTA – Sebanyak 16 kepala sekolah (kasek) tingkat SMA dan SMK di Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jawa Timur Wilayah Kediri dimutasi.

Kemarin (29/12), mereka dikukuhkan langsung oleh Gubernur Jatim Soekarwo. Selanjutnya, belasan kepala sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota dan Kabupaten Kediri itu harus beradaptasi kembali dengan tempat tugas yang baru.

“Iya betul, hari ini (kemarin, Red) sedang dilaksanakan pengukuhan oleh gubernur langsung. Acara untuk para kasek ini dilaksanakan di Gedung Grahadi, Surabaya,” ungkap Sidik Purnama, Kabid SMA dan SMK Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Kediri.

Menurutnya, mutasi kepala SMA dan SMK kali ini cukup bervariasi. Tidak sekadar meliputi lintas wilayah Kota maupun Kabupaten Kediri. Melainkan juga ke wilayah lain. Seperti Kota Malang hingga Kabupaten Gresik. “Yang jelas dalam lingkup Provinsi Jawa Timur,” papar Sidik.

Dia mengungkapkan, acara dilaksanakan sejak pukul 13.00. Di Gedung Grahadi tersebut, total kasek yang dikukuhkan gubernur sebanyak 251 orang. Mereka kepala SMA dan SMK se-Jawa Timur.

Dari ratusan kasek itu, lanjut Sidik, untuk Kota dan Kabupaten Kediri terdapat 16 kepala sekolah yang mengalami perpindahan tugas. Di antara mereka yang terkena mutasi adalah kepala SMAN 1; SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4; SMAN 6; SMAN 7; dan SMAN 8. Semua di Kota Kediri.

“Ada yang bergeser sekolah di dalam kota. Namun, ada pula yang berpindah tugas ke sekolah di Kabupaten Kediri,” ungkapnya.

Mereka yang hanya mutasi di dalam kota, di antaranya adalah Sri Yulistani, Widayat, Sony Tataq Setya Suwasono, Roziq, dan Suhadi. Kemarin, Sri yang sebelumnya menjabat kepala SMAN 7 Kota Kediri mutasi ke SMAN 1 Kota Kediri.

Sedangkan Widayat yang sebelumnya mengepalai SMAN 1 Kota Kediri pindah tugas ke SMAN 6 Kota Kediri. Lalu, Sony yang semua bertugas di SMAN 3 Kota Kediri bergeser ke SMAN 2 Kota Kediri. Kemudian, Roziq kepala SMAN 2 Kota Kediri berpindah ke SMAN 8 Kota Kediri. Lantas, Suhadi yang sebelumnya menduduki posisi kepala SMAN 8 Kota Kediri mutasi ke SMAN 4 Kota Kediri.

Selain empat kasek yang bergeser ke sekolah di dalam Kota Kediri, dua lainnya berpindah tugas ke wilayah Kabupaten Kediri. Keduanya adalah Abdul Basith dan Bambang Soetiarso. Basith yang sebelumnya bertugas di SMAN 6 Kota Kediri mutasi ke SMAN 1 Plemahan. Sedangkan Bambang, dari kepala SMAN4 Kota Kediri kini ke SMAN 1 Mojo.

Ada pula, dua kasek yang berpindah tugas dari wilayah kabupaten masuk ke Kota Tahu. Mereka adalah Mohamad Tohir yang sebelumnya mengepalai SMAN 1 Pare kini pindah tugas ke SMAN 7 Kota Kediri. Lalu, Kepala SMAN 1 Mojo Aris Susanto bergeser ke SMAN 3 Kota Kediri.

Selain itu, Sidik juga menyebut, adanya mutasi kepala SMA dan SMK negeri di Kabupaten Kediri ke daerah lain. Di antaranya kepala SMAN 1 Kandat yang dipindahkan ke SMAN 1 Kabupaten Gresik. Kemudian, kepala SMKN 1 Kras dimutasi ke SMKN Lengkong, Nganjuk.

Sementara untuk Kabupaten Kediri kedatangan kepala SMA dari SMAN 1 Tapen, Bondowoso. Juga kepala SMK dari SMKN 6 Malang. “Memang ada yang masuk ke Kediri dan ada yang keluar. Semuanya rata, baik kepala SMA atau SMK,” tegas laki-laki 49 tahun ini.

Sidik memaparkan, mutasi ini bukan sekadar pindah ke tempat dinas baru. Namun sebagai sosok kepala sekolah, mereka perlu melakukan inovasi berkelanjutan untuk kemajuan pendidikan.

Hal ini juga mencegah adanya rasa bosan saat bekerja di lokasi yang sama. “Kasek baru, inovasi baru. Itulah yang sama-sama diharapkan,” imbuhnya.

Mutasi kasek ini, diakui Sidik, juga salah satu langkah untuk mendapatkan promosi. Wajar bila mutasi dilakukan kapan saja, baik dalam hitungan bulan maupun tahun. Tergantung dari kebutuhan maupun kebijakan Gubernur Jatim. “Kalau untuk indikator mutasinya saya kurang tahu, yang jelas kebijakan ya,” tambahnya.

Tidak berhenti sampai di Grahadi saja, 16 kasek ini akan melakukan serah terima jabatan (setijab) di cabang dinas pendidikan masing-masing lokasi tugas.

Kepala SMA/SMK Pindah Tempat Tugas 

Nama                             Sekolah Asal                  Sekolah Tujuan

M. Tohir                        SMAN 1 Pare                 SMAN 7 Kota Kediri

Sri Yulistiani                 SMAN 7 Kota Kediri     SMAN 1 Kota Kediri

Widayat                         SMAN 1 Kota Kediri     SMAN 6 Kota Kediri

Abdul Basith                 SMAN 6 Kota Kediri     SMAN 1 Plemahan

Sony Tataq Setya S       SMAN 3 Kota Kediri     SMAN 2 Kota Kediri

Roziq                             SMAN 2 Kota Kediri     SMAN 8 Kota Kediri

Suhadi                           SMAN 8 Kota Kediri     SMAN 4 Kota Kediri

Bambang Soetiarso       SMAN 4 Kota Kediri     SMAN 1 Mojo

Aris Susanto                  SMAN 1 Mojo               SMAN 3 Kota Kediri

M Guntur Sayekti          SMKN 6 Kota Malang   SMKN 1 Semen

Sutomo                          SMKN 1 Semen             SMKN 1 Purwoasri

Edi Priyoutomo             SMKN 1 Purwoasri       SMKN 1 Kras

Basri                              SMAN 1 Tapen             SMAN 1 Kandangan

Margo Utomo                SMAN 1 Kandangan     SMAN 1 Pare

Ali Imron                       SMAN 1 Kandat            SMAN1 Kadamean Gresik

Anjar Surasa                  SMKN 1 Kras                SMKN Lengkong Nganjuk

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia