Sabtu, 25 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Henna, Lekuk Menawan di Tangan yang Tak Cuma Aksesoris

26 Desember 2018, 17: 23: 21 WIB | editor : Adi Nugroho

henna

UNIK: Henna dengan motif mandala. (Ramona Valentin - radarkediri.id)

Share this          

Aksesoris yang berada di kulit tangan ini lagi ngetren. Sering dijumpai saat gelar pesta maupun pernikahan. Seni lekuk-lekuk hias tangan itu disebut henna.

Henna kerap dikaitkan dengan aksesoris pengantin perempuan. Ini karena motifnya yang menawan, detail, dan simetris di antara kedua tangan. Hiasan bunga-bunga mencerminkan kemewahan dan identitas perempuan.

“Memang awalnya dari sana, lalu digunakan saat pesta, acara, bahkan aksesoris sehari-hari di tangan,” ungkap Silvi Durotul A’yun, Henna Artist Kediri.

Saat ini, henna dianggap sebagai aksesoris yang fleksibel bagi perempuan, tidak perlu memakai dan melepas dalam menggunakannya. Namun, henna tetap memiliki perbedaan saat digunakan aksesoris dalam aktivitas yang berbeda.

Silvi menjelaskan, henna berasal dari nama henna atau inai yang merupakan cairan yang dioleskan saat proses menggambar motif di kulit. “Kalau untuk pengantin, motifnya lebih rumit, lebih detail, bahkan bisa penuh motif. Dari pergelangan hingga telapak tangan,”  paparnya.

Bila henna untuk sekadar aksesoris sehari-hari, menurut Silvi, motifnya bisa dibentuk menyerupai gelang di pergelangan tangan. Bisa pula berupa bunga-bunga kecil, kupu-kupu, atau motif lainnya. “Dikatakan aksesoris sehari-hari karena keberadaannya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Tangan tetap bisa beraktivitas seperti biasanya,” urainya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia