Jumat, 17 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Angin Kencang, Kandang Terbakar

25 Desember 2018, 16: 27: 51 WIB | editor : Adi Nugroho

kebakaran

HANGUS: Tim pemadam bekerja keras memadamkan kebakaran. (Iqbal Syahroni - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KOTA – Kebakaran terjadi di kandang ayam dan itik milik Habibullah, warga RT 04 RW 02, Kelurahan Bangsal, Kecamatan Pesantrenm Kota Kediri, kemarin (23/12). Akibat kebakaran tersebut, separuh kandang yang terbuat dari anyaman bambu dan kayu jati terbakar.

          Awalnya, sekitar pukul 15.00 WIB, Habib yang sedang berada di dalam rumah tiba-tiba diteriaki bahwa kandangnya terbakar oleh anak-anak kecil yang sore kemarin sedang bermain di sekitar rumahnya. “Saya sedang momong anak saya di dalam rumah,” imbuhnya.

          Ia pun bergegas keluar rumah dan mengecek keadaan kandang yang berada tepat di barat rumahnya dan melihat api sudah membesar hingga ke atap. Langsung saja, ia menyalakan keran air dari rumahnya untuk mencoba memadamkan api.

          Warga sekitar pun turut membantu memadamkan api agar tidak menyebar ke rumah milik Habib dan rumah warga lain yang jaraknya berdekatan dengan kandang tersebut. “Warga juga ada yang langsung melapor ke RT agar menghubungi Damkar, Babinsa, dan Babinkamtibmas,” imbuhnya.

          Sekitar 10 menit setelah melapor, pasukan pemadam kebakaran (PMK) Kota Kediri langsung bergegas menuju lokasi yang tepat berada di belakang RS Baptis.

          Karena lokasi kebakaran masuk ke gang yang sempit. Maka anggota PMK pun memanjangkan selang air ke dalam gang. Beruntung, tidak lama setelah PMK datang, api dapat dijinakkan.

          Habib menjelaskan bahwa kebakaran diduga berawal dari percikan api dari sampah yang sedang dibakar di dalam tong dekat dengan kandang, dan tertiup oleh angin, sehingga membuat kandang yang sebagian besar terbuat dari kayu dan bambu. “Kerugian sekitar Rp 5 juta, untungnya ayam dan itik tidak ada yang mati,” imbuhnya.

          Komandan Regu 2 Satpol PP Kota Kediri Puguh menjelaskan bahwa anggotanya langsung datang ke lokasi setelah dihubungi adanya kebakaran di belakang RS Baptis. “Anggota saya minta untuk mengamankan lokasi agar tidak ada yang terluka,” terangnya. Apalagi, lokasi berdekatan dengan pemukiman.

 

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia