Selasa, 26 Mar 2019
radarkediri
icon featured
Show Case

Rahasianya adalah Kencur, Kunir, dan Mengkudu

11 Desember 2018, 12: 38: 20 WIB | editor : Adi Nugroho

usaha lele kandat

DARI NOL: Suyanto saat berada di kolam lelenya. (Bayu Setyawan - radarkediri.id)

Sempat mengalami kebangkrutan saat melakoni usaha peternakan sapi, kini Suyanto meraup keuntungan dari hasil usaha pembibitan ikan lele. Pria yang hanya tamatan SD tersebut mengawali usahanya pada tahun 2014. Hanya bermodalkan cerita sukses dari temannya, Suyanto nekat berkecimpung di usaha pembibitan ikan ini.

Dengan 18 kolam yang milikinya sekarang, pendapatan yang diperoleh dalam sekali panen bisa mencapai Rp 20 juta. “Dulu hanya enam kolam dari tanah dan belum seberapa pendapatannya,” ujar warga Dusun Bulurejo, Desa Sumberjo, Kecamatan Kandat ini.

Demi menjaga kualitas, penggiat kelompok pembibitan ikan lele Guyup Rukun tersebut juga menggunakan ramuan herbal. Kencur dan kunir ia gunakan untuk menambah nafsu makan. Sedangkan buah mengkudu ia gunakan untuk daya tahan bibit-bibit ikan lele. “Semuanya dari coba-coba sendiri,” paparnya.

Pria yang didapuk sebagai bendahara kelompok tersebut juga dipercaya untuk menjadi pembina kelompok pembibitan ikan lele di desa lain. Tidak hanya itu, kelompok pembibitan ikan lele yang digawanginya sering menerima kunjungan dari beberapa instansi bahkan Bupati Kediri. Yang terbaru, ia menerima kunjungan dari  Yonif Mekanis 521 Kediri terkait usahanya tersebut.

Selain faktor pakan yang berprotein tinggi, kejernihan air juga merupakan faktor yang penting. Hal inilah yang membuat Suyanto bangun pagi-pagi. Setiap jam 05.00, Suyanto sudah memulai aktivitas menyikat kolam-kolamnya demi menjaga kejernihan air. Selain itu, pemberian pakan di tengah malam juga berpengaruh untuk perkembangan bibit ikan lele. 

Namun, terlepas dari beberapa hal tersebut keluarga merupakan faktor utama dibalik suksesnya usaha. “Dukungan keluarga sangat berarti,” tandasnya. (dg1)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia