Senin, 16 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Pajero Sport Dakar Ultimate

Jaminan Keamanan Tinggi

29 November 2018, 16: 27: 09 WIB | editor : Adi Nugroho

pajero

TANGGUH: Desain dashboard Pajero Sport. (RAMONA VALENTIN - Radar Kediri. JawaPos.com)

Share this          

Desain mobil yang satu ini tidak hanya mengikuti tren. Tampil dengan interior kelas premium dengan aksen klasik, Pajero Sport Ultimate tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan.

Mobil ini tak hanya hanya memiliki dua atau tiga air bag tetapi langsung tujuh bantalan pelindung. Terpasang di masing-masing kursi sopir hingga penumpang. Air bag ini siap mengembang jika mobil mengalami benturan. Tetapi, jika diperlukan, ada satu bantal pelindung yang berada di samping co-driver bisa dioffkan. “Kami memang mengutamakan teknologi keamanan dan kenyamanan,” terang Anton Garjito, supervisor Mitsubishi Kediri .

Tak hanya banyaknya bantal pelindung, sejumlah fiturnya semakin memberi jaminan keamanan pada mobil. Seperti Blind Spot Monitoring atau BSM. Fitur ini memberi sistem peringatan di kaca spion jika ada mobil yang berjalan di samping mobil kita.  Satu lagi fitur keamanan yang ditawarkan adalah Forward Collision Mitigation System (FCM). FCM memberi peringatan ke pengemudi via alarm ketika ada kemungkinan menabrak kendaraan di depan. “Sensor ini fungsinya membantu pengendara untuk ngerem. Sehingga mencegah mobil dari benturan. Tapi bila off ya tidak berfungsi,” ungkapnya. Juga berfungsi untuk pengereman otomatis setelah kemungkinan tabrakan terdeteksi. Yang mungkin jarang ditemukan di mobillainnya adalah ultrasonik mis-acceleration mitigation system (UMS). Fitur ini akan membantu menghindari tabrakan akibat kesalahan dalam menginjak pedal gas. Kasus yang sering pemicu terjadinya kecelakaan di jalan raya. “Biasanya karena ingin mengerem, tetapi menginjak pedal gas,” terangnya. Fitur ini memang hanya bekerja jika tiba-tiba pengemudi menginjak pedal gas penuh secara mendadak. Yang tak ketinggalan tentu saja fitur adaptive cruise control yang fungsinya tidak berbeda dengan jenis cruise control lainnya. Fungsinya untuk mengatur kecepatan jika ada kendaraan di depannya sehingga dapat mengurangi terjadinya kecelakaan.

Tentu saja, tampilan kendaraan premium ini tidak perlu diragukan. Pada tipe dakar ultimate ini, pada bagian interiornya didomnasi warna krem. Inilah yang membedakannya dengan pajero sport dakar yang didominasi warna hitam. Warna ini terletak pada dinding interior mobil dan kursi seluruh penumpang. Aksen Wood Panel tidak hanya menghiasai dinding mobil, melainkan juga pada bagian dasbor mobil. “Perpaduan ini antara klasik dan modern. Di sela-sela warna hitam dan silver terdapat motif kayu,” imbuhnya.

Pajero Sport Dakar Ultimate ini memiliki kapasitas interior mobil cukup besar. Sehingga bisa menampung lebih banyak penumpang. Juga ada tambahan roof monitor 9 inchi dan audio head unit baru yang mampu menambah kemewahan mobil. “Mobil sport bukan berarti untuk medan yang sulit saja. Justru saat turun di kota juga lebih nyaman,” terangnya. Saat ini untuk Pajero Sport Dakar Ultimate dibandrol dengan harga sekitar Rp 550 juta.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia