Jumat, 17 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Show Case
Pilihan Velg Mobil

Bikin Mobil ‘Naik Kelas’

22 November 2018, 17: 55: 42 WIB | editor : Adi Nugroho

velg mobil

SPORTY: Beragam desain velg mobil. (RAMONA VALENTIN - Radar Kediri. JawaPos.com)

Share this          

Bagi pecinta fashion otomotif, velg tak sekadar penutup tepian ban. Tetapi, sudah menjadi kebutuhan untuk tampilan mobil yang lebih keren.

Velg pada kendaraan roda empat biasanya diganti saat sudah rusak. Seperti kondisi velg yang mulai bengkok, tidak simetris hingga tidak bulat lagi. Memang, suatu keharusan velg diganti dengan yang baru. Tapi, bagi pecinta modifikasi dan membuat mobil tampil beda, velg baru dengan aneka desain unik menjadi pilihan.

velg

DUA WARNA: Salah satu gaya dan desain velg mobil BBS. (RAMONA VALENTIN - RadarKediri.JawaPos.com)

“Kalau pemilik mobil penggila fashion otomotif. Sebelum velg nya rusak, ia sudah ganti dengan velg baru sesuai seleranya,” ungkap Rudy Susanto saat dijumpai Jawa Pos Radar Kediri.

General Manager CV Sinar Band ini juga mengakui, bila tren pada model velg sudah ada sejak dulu. Baik melalui internet, pameran hingga pada film-film yang menonjolkan kesan modifikasi pada kendaraan seperti Tokyo Drift dan Need For Speed.

Walaupun mengikuti tren, bukan berarti mengesampingkan aturan. Pemilihan velg mobil juga tidak boleh asal suka, asal senang dengan desainnya. Melainkan harus diperhatikan ukuran velg nya. “Maksimal 2 inci di atas ukuran velg standar mobilnya. Kalau melebihinya, bisa bikin ban cepat tipis,” papar Rudy.

Untuk pergantian velg sendiri biasanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan style pada mobil kesayangan. Dan mengikuti tren bagi peserta aktif pameran modifikasi. Tidak sampai tahunan, untuk penggiat pameran modifikasi hampir setiap pameran akan mengganti velg mobil dengan desain dan trend terbaru.

Velg mobil dengan desain pilihan dan sesuai dengan ukurannya, membuat kestabilan mobil saat melaju. Menjadi lebih terkontrol dan aman. Lingkaran logam ini apabila semakin menonjol keluar body mobil. Maka semakin bagus pula kondisinya. “Velg minimal sejajar dengan body mobil, sedikit keluar dari body nya. Semakin bagus,” imbuhnya. Kondisi tersebut juga membuat suhu pada mobil semakin panjang dan stabil.

Walaupun terkesan stylist, mengganti velg dengan ukuran lebih besar memiliki berbagai manfaat. Di antaranya membuat handling lebih baik. “Kita akan mendapatkan respon yang lebih baik dalam mengendalikan arah,” tutur Rudy. Tidak hanya demikian, dari sisi pengereman menjadi lebih baik. Bidang kontak dengan permukaan jalan yang lebih lebar. Sehingga daya cakram lebih tinggi dan membuat lebih mudah untuk melakukan pengereman.

Harga velg pun bervariasi. Mulai Rp 2 juta hingga Rp 19 juta per set. Tergantung bentuk, desain maupun pilihan warna.

Pilihan Model Velg

Velg BBS

Memiliki ukuran 18,5 sampai 18,10 inci ini memiliki motif lebih rapat dengan sela-sela yang lebih kecil. Biasanya digunakan oleh pecinta Hellaflush, atau pecinta trend modivikasi di era 90-an

Velg Club Linea

Velg ini biasanya digunakan untuk mobil premium seperti BMW atau Mercy.

Velg Nismo

Velg yang memiliki kesan dan desain sporty daripda velg lainnya. Dengan bobot yang lebih ringan. Pada velg jenis ini memiliki lima palang pada permukaan veleg-nya.

Velg Yokohama

Velg satu ini digemari karena memiliki bentuk, ukuran dan warna yang lebih agresif. Velg ini selalu dicari dan laku di pasaran.

Velg Khan

Velg yang memiliki desain berbentuk seperti tanduk rusa ini selalu menarik hati. Velg jenis ini memberi kesan kokoh dan tangguh.

1.      

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia