Minggu, 19 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Ekonomi
Home

Sekat Rumah, Tak Sekadar Pembatas

Indah tapi Tetap Jaga Privasi

20 November 2018, 10: 43: 12 WIB | editor : Adi Nugroho

rumah sekat

FUNGSIONAL: Salah satu bentuk sekat rumah. (RAMONA VALENTIN - Radar Kediri. JawaPos.com)

Share this          

Memiliki rumah dengan tatanan yang rapi memang menjadi idaman. Salah satu bagian ruangan yang bisa digunakan adalah sekat ruangan. Tak sekadar menjadi pembatas, tetapi juga bisa dimanfaatkan menjadi hiasan.

Sekat yang simpel biasanya menjadi pilihan untuk mereka yang memiliki rumah yang tak terlalu luas. Harapannya, rumah akan terasa lapang. Tapi, ternyata tak hanya itu saja, sekat ruangan bisa menambah kesan kekinian. “Sekat yang unik dan elegan juga cocok dimanfaatkan untuk rumah-rumah gedong,” terang Edhy Gunawan, pemilik Mutiara Furniture.

Menurut Edhy, sekat rumah sebenarnya sudah lama dimanfaatkan. Hanya saja bentuknya yang berbeda. Biasanya di rumah-rumah kuno, sekat pun terlihat klasik dan murni sebagai hiasan rumah.

Kalau saat ini, sekat memang benar-benar dimanfaatkan untuk menjadi pembatas. “Seperti untuk ruang tengah dan ruang tamu, bisa di berikan sekat,” imbuhnya. Biasanya, yang memanfaatkan sekat ini untuk menghindari kesan kaku dibanding menggunakan dinding batu bata.

Saat ini, sekat yang biasa digunakan di antaranya berasal dari kayu, kaca maupun perpaduan dari keduanya. Lebih terkesan manis dan tidak memenuhi ruangan. Tidak jarang dalam sekat tersebut ditambah aksen lainnya. Seperti vas bunga, pajangan foto dalam pigura maupun action figure tokoh favorit pemilik rumah.

Tidak hanya demikian, sekat ruangan juga memberikan kesan privasi. Apalagi bila digunakan untuk ruang keluarga dan ruang tamu. “Sudah terlihat perbedaannya, ruang tamu ya untuk tamu. Ruang keluarga ya untuk keluarga. Agar aktivitas tidak mudah diketahui tamu,” paparnya saat dijumpai Jawa Pos Radar Kediri.

Karena itulah, sekat ini lebih banyak digunakan untuk rumah minimalis. Kini, pemilik rumah tidak perlu bingung, berbagai varian sekat rumah dengan mudah didapatkan di toko properti.

Tidak hanya bahan sekat yang berbeda, bentuk dan desain juga bervariasi. Bahkan bisa disesuaikan dengn ukuran rumah dan ruangan.

Sekat dari kayu dengan ukiran memunculkan kesan klasik dan kuno pada hunian.

Sekat dari kaca menambah kesan ruangan lebih luas dari ukuran aslinya. Sekat dengan desain modern menunjukan kesan hunian kekinian. “Sejauh ini untuk Kediri, pemesanan sekat didominasi warga perumahan. Mereka ingin sekat rumah yang lebih simpel,” ceritanya.

Tidak jarang kehadiran sekat yang juga dimanfaatkan untuk rak buku maupun  rak yang berisi hiasan. Diakui laki-laki asal Wonosobo ini, sekat tidak hanya hiasan semata. Melainkan juga kebutuhan untuk menghemat bangunan.

Sekat Ruangan untuk Hunian Idaman

1.     Sudah ada sejak dulu, hanya berbeda pada desain dan bahan

2.     Dimanfaatkan untuk pembatas antar ruangan

3.     Pemanfaatannya tidak hanya sekedar pembatas, melainkan rak maupun peletakan vas maupun pigura

4.     Bangunan dengan ukuran minimalis pun bisa memanfaatkan sekat ruangan  untuk memberi kesan lapang.

5.     Menambah unsur seni dalam hunian.

6.     Sekat dari kayu dengan ukiran memunculkan kesan klasik dan kuno pada hunian.

7.     Sekat dari kaca menambah kesan ruangan lebih luas dari ukuran aslinya.

8.     Sekat dengan desain modern menunjukan kesan hunian kekinian

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia