Jumat, 16 Nov 2018
radarkediri
icon featured
Events

Pemuda Inspiratif Kediri Harus Bersaing di Tingkat Nasional

Senin, 05 Nov 2018 19:38 | editor : Adi Nugroho

dance pemuda inspiratif

KE NASIONAL: Pemenang pemuda inspiratif Kediri usai mendapatkan piala dari Staf Kemenpora Anggia Ermarini (kiri). (RAMONA VALENTIN - Radar Kediri. JawaPos.com)

KEDIRI KABUPATEN - Akhirnya, dua orang muncul menjadi pemenang dalam event Pemuda Inspiratif audisi Kediri. Keduanya adalah M. Ilham Nurhakim di kelompok putra. Serta Winda Firdayatanti dari kelompok wanita. Setelah keduanya mampu menyisihkan peserta yang masuk dalam babak 20 besar.

Namun, tugas dua pemuda inspiratif itu belum usai. Mereka masih harus bersaing dengan pemuda-pemuda inspiratif dari wilayah audisi lain. Tentu saja, tantangannya akan lebih berat dibandingkan persaingan dalam audisi Kediri.

 “Peserta yang juara di (audisi) Kediri masih harus bertanding lagi dengan perwakilan lainnya di Serang (Banten),” terang M. Wachid Fahmi pada Jawa Pos Radar Kediri.

Menurut lelaki yang akrab disapa Amik ini, seleksi pemuda inspiratif sangat ketat. Mulai dari penyampaian gagasan melalui proposal maupun esai. Hingga presentasi di depan khalayak umum saat babak final di masing-masing daerah audisi. Tujuannya agar bisa menghasilkan pemenang yang benar-benar berkualitas.

Dua orang yang mewakili audisi Kediri ke tingkat nasional mengeluarkan karya yang memang lebih bagus dibanding lainnya. Bahkan, untuk karya M. Ilham sudah memiliki hak cipta. Karya itu adalah aplikasi Alquran isyarat untuk penyandang tunarungu.

Sedangkan karya  Winda adalah gagasan solutif pemanfaatan sampah organik. Sampah organik itu dijadikan inti dari kegiatan perikanan berbasis ecopreneurship.

Babak final pemilihan Pemuda Inspiratif audisi Kediri kemarin berlangsung sejak pukul 13.00 WIB. Peserta yang tampil pertama adalah Mochammad Sabilil Faroshi Attamimi. Pemuda ini tampil mempresentasikan gagasannya terkait pemberdayaan santri, pemuda, dan petani buah naga.

Peserta laki-laki kategori kewirausahaan dan pertanian ini bahkan membawa langsung hasil karyanya. Selai buah naga itu dia tunjukkan saat presentasi. Walaupun belum bisa menang, dia akhirnya terpilih sebagai juara ketiga.

Sementara itu, puncak final audisi Kediri yang berlangsung di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) tadi malam dimeriahkan kehadiran grup musik Klanting. Grup musik yang tenar setelah memenangi acara pencarian bakat di televisi tersebut mampu menghibur penonton yang hadir. Beberapa lagu dilantunkan oleh grup yang berasal dari Surabaya tersebut.

Selain Klanting, acara puncak tadi malam juga dimeriahkan oleh penampilan peserta supporting event. Yaitu grup yang masuk dalam tiga besar dance competition, lima besar band competition, dan lomba kreasi baris berbaris (LKBB). Pengumuman pemenang berlangsung mulai pukul 19.00.

Event yang digelar Kemenpora bekerja sama dengan DBL dan Jawa Pos Radar Kediri berakhir sekitar pukul 21.00 WIB.

(rk/baz/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia