Minggu, 21 Oct 2018
radarkediri
icon featured
Politik

Hari Ini Pedagang Pasar Setonobetek Mulai Boyongan

Jumat, 12 Oct 2018 18:36 | editor : Adi Nugroho

pasar setonobetek

TEMPAT BARU: Gedung baru Pasar Setonobetek yang hari ini akan mulai ditempati oleh para pedagang. (DIDIN SAPUTRO - RadarKediri.JawaPos.com)

KEDIRI KOTA - Akhirnya, saat yang ditunggu-tunggu para pedagang Pasar Setonobetek pun tiba. Hari ini mereka sudah diperbolehkan pindah dari lokasi penampungan. Kemudian mengisi lapak-lapak yang ada di gedung baru Blok A.

Hanya, proses kepindahan ke gedung baru itu tak bisa berlangsung mulus. Sebab, beberapa pedagang masih melanjutkan protesnya. Terutama dari pedagang konveksi. Kemarin sejumlah pedagang menyempatkan ngluruk ke kantor PD Pasar Jayabaya. Tujuannya untuk menanyakan kepastian tuntutan mereka yang dianggap belum diindahkan oleh PD Pasar.

Soal kedatangan pedagang konveksi itu dibenarkan oleh Direktur PD Pasar Saiful Yazin. Menurut Yazin, pedagang konveksi datang bertujuan membahas kejelasan penempatan lapak mereka. Dan, versi Yazin, persoalan itu sudah selesai kemarin siang.

“Kami sudah tambah 13 los dan sudah tidak ada masalah lagi,” kilahnya.

Sementara, untuk peresmian gedung baru Blok A Pasar Setonobetek, Yazin belum bisa menyebutkan secara pasti. Hal ini lantaran masih dikoordinasikan dengan pihak Pemkot.

Sementara itu, kabar pemindahan muncul setelah pihak PD Pasar menyurati satu per satu pedagang yang selama ini menempati lapak di lokasi penampungan sementara. Mereka diminta untuk bersiap-siap pindah dari tempatnya saat ini.

“Mulai besok (hari ini, red) blok A sudah bisa ditempati,” kata Dian, koordinator pasar.

Dian menerangkan bahwa Rabu (10/10) para pedagang juga telah mengikuti proses undian pembagian lapak. Yaitu pedagang daging, buah, dan ayam. Mereka adalah pedagang yang akan menempati bagian luar Blok A. Tepatnya di lapak semi permanen yang terletak di belakang gedung.

Ada 40 pedagang daging, 38 ayam, dan 10 pedagang buah yang menempati tempat itu. “Sebenarnya pedagang daging ada yang belum hadir. Namun atas kesepakatan bersama lotre tetap dilakukan,” imbuhnya.

Untuk pedagang daging yang belum mengambil lotre, maka koordinatornya bisa mengambil nomor susulan. Diupayakan hari ini sudah tuntas. Dian memaklumi bahwa pedagang daging belum bisa hadir semua. Hal ini lantaran mereka berjualan sejak dini hari dan pulang di pagi harinya. Meskipun tidak semua hadir, namun lotre berjalan lancar dan kondusif.

“Ada yang sempat tukar lapak, dan itu dibolehkan asal disetujui kedua belah pihak,” tandasnya.

Ali, seorang pedagang daging, mengungkapkan kegembiraannya dengan keputusan PD Pasar yang telah bulat untuk segera mengusung pedagang menempati lapak baru. Sebab, hal itu sudah lama diidamkan. Apalagi dia mendapat lotre di lapak nomor 14. Lapak tersebut menjadi salah satu lapak incaran pedagang daging karena letaknya yang strategis.

Selain itu, pemindahan tersebut menggembirakan sejumlah pedagang lantaran juga untuk mengantisipasi masuknya musim hujan yang diperkirakan tidak lama lagi datang.

“Di sini selalu banjir saat hujan. Kondisi tanah berlumpur sangat tidak nyaman,” keluh pria yang karib disapa Ali kumis itu.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Kediri, kemarin sejumlah pedagang sudah mulai menyiapkan lapak mereka. Terutama pedagang daging. Pembatas berupa penutup seng yang ada di belakang Blok A pun juga sudah dibongkar.

Bagaimana dengan pedagang konveksi? Menurut Sekretaris Forum Komunikasi Pedagang Konveksi Fendik Darmanto, para pedagang kelompok ini memang masing menyisakan sesuatu yang mengganjal. Dan itu yang membuat para pedagang ngluruk ke PD Pasar kemarin.

Ketika ditanya apa yang membuat masih mengganjal itu, Fendik enggan menjelaskan.  Dia meminta Jawa Pos Radar Kediri menghubungi salah seorang pedagang konveksi. Sayangnya, ketika pedagang tersebut dihubungi, juga masih belum bisa memberikan jawaban. “Saya masih pusing (memikirkan pembagian los) ini Mas,” jawab Yuli, seorang pedagang konveksi.

(rk/baz/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia