Senin, 10 Dec 2018
radarkediri
icon featured
Show Case
Shopping Festival 2018

Diskon Istimewa Sebulan Penuh

Ratusan Produk Ikuti Kediri UMKM

11 Oktober 2018, 14: 43: 29 WIB | editor : Adi Nugroho

MENYIMAK: Pelaku UMKM saat mengikuti technical meeting Kediri UMKM Shopping Festival di Ruang Brantas Jawa Pos Radar Kediri, kemarin (10/10).

MENYIMAK: Pelaku UMKM saat mengikuti technical meeting Kediri UMKM Shopping Festival di Ruang Brantas Jawa Pos Radar Kediri, kemarin (10/10). (RAMONA VALENTIN – RadarKediri.JawaPos.com)

KEDIRI KABUPATEN - Anda pernah melihat sambal pecel Gopeng di outlet Bandara Juanda dan kota-kota besar lainnya? Anda juga pernah melihat lucunya bantal boneka Rainbow Pillow yang pemasarannya sudah merambah sejumlah kota? Atau, mungkin Anda sedang tergoda dengan keunikan tas etnik karung goni produk Pareethnic dan sepatu kulit ala Atmall_footwear yang sudah dipakai sejumlah tokoh? 

Mulai besok (12/10), barang-barang produk pengusaha UMKM Kabupaten Kediri itu akan dijual dengan diskon istimewa. Sebulan penuh! Dalam event ‘Kediri UMKM Shopping Festival’ yang dihelat Jawa Pos Radar Kediri bersama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum) Kabupaten Kediri. “Total ada ratusan jenis produk dari sekitar 80 pengusaha mikro yang bisa didapatkan dalam event ini,” ujar Kabid Pembiayaan dan Pemasaran Diskopum Kabupaten Kediri Nadirin usai technical meeting dengan para peserta di kantor Jawa Pos Radar Kediri kemarin.

Ya, produk-produk di atas hanya beberapa dari ratusan produk yang bisa didapatkan dalam event yang digelar 12 Oktober-10 November 2018 ini. Masih banyak yang lain. Mulai produk kuliner (snack dan minuman), produk fashion (jaket, batik, sepatu), hingga produk handycraft (aksesoris dan hiasan rumah).

Diskon yang diberikan selama event ini bervariasi. Mulai 5 persen hingga 20 persen. “Diskon yang diberikan bukan diskon abal-abal. Bukan diskon dari harga yang dinaikkan dulu,” tandas Nadirin. Hal itu memang menjadi syarat yang harus dipenuhi oleh para pengusaha yang bersedia mengikuti event pertama di Kediri ini.

“Ya, kami tidak berkeberatan untuk memberikan diskon sebesar itu selama sebulan penuh. Ini bulan promosi yang menjadi kesempatan bagi kami untuk mengenalkan produk,” sahut Agus ‘Gopeng’ Ajianto, pemilik produk sambel pecel Gopeng asal Wates. Diskon tersebut diberikan untuk pembelian langsung maupun secara online.

Untuk diketahui, Kediri UMKM Shopping Festival adalah event pertama yang digelar di Kediri. Ini merupakan bulan belanja produk UMKM di Kabupaten Kediri. Selama sebulan penuh, koran Jawa Pos Radar Kediri akan menyediakan halaman khusus sebagai etalase produk-produk mereka. Begitu pula dengan website dan medsos (Facebook dan Instagram) resmi milik koran ini. 

“Untuk bisa mendapatkan diskon, customer tinggal menyerahkan guntingan halaman Kediri UMKM Shopping Festival di koran Jawa Pos Radar Kediri. Atau, menunjukkan website dan medsos Jawa Pos Radar Kediri yang memuat logo event ini lewat handphone masing-masing,” terang Puspitorini Dian, ketua panitia dari Jawa Pos Radar Kediri.

Untuk guntingan koran bisa mendapatkan diskon 20 persen. Sedangkan untuk capture website dan medsos diskonnya 15 persen. Sedangkan kalau hanya menunjukkan logo, diskon yang didapatkan hanya 5 persen.

Adanya Kediri UMKM Shopping Festival disambut antusias oleh peserta Kediri UMKM Shopping Festival. “Kesempatan ini bisa jadi ajang mengenalkan produk kami lebih luas,” ujarnya saat diwawancara Jawa Pos Radar Kediri.

Hal sama juga diungkapkan Zaenal Arifin, salah satu perajin seni grafir. “Ndak muluk-muluk sih, harapannya prodak kita dikenal semua masyarakat Kediri,” aku laki-laki kelahiran 1987 ini.

Pelaku UMKM yang bergerak di bidang seni ukir kaca ini juga antusias mengikuti kegiatan yang dianggapnya sangat menarik, apalagi bagi kalangan pemula yang berkecimpung di UMKM. Baginya, momen seperti perlu dimanfaatkan sebaik mungkin karena jarang ada yang mendapatkan fasilitas promosi gratis.

David Ariyoko, perajin kayu ukir dengan motif siluet wajah juga mengakui hal sama. Sebab, kegiatan ini mampu mengenalkan produk yang ia produksi selama sebelas bulan. “Bisa ikut mengenalkan, sekaligus memamerkan produk kami ,” ujar David. 

(rk/die/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia