Minggu, 21 Oct 2018
radarkediri
icon featured
Politik

Licin, Revitalisasi Trotoar dengan Batu Andesit

Rabu, 10 Oct 2018 21:17 | editor : Adi Nugroho

FOTO: M. DIDIN SAPUTRO - RADARKEDIRI.JAWAPOS.COM

FOTO: M. DIDIN SAPUTRO - RADARKEDIRI.JAWAPOS.COM

KEDIRI KOTA - Sejumlah trotoar di Kota Kediri mulai diperbaiki bulan ini. Selain untuk merapikan trotoar yang sudah mulai rusak, perbaikan juga untuk kenyamanan pengguna jalan di beberapa ruas penting Kota Kediri.

Ada tiga ruas jalan yang trotoarnya sedang dilakukan perbaikan, yakni Jalan Dr. Soetomo, Kelurahan Banjaran; Jl Cendana, Kelurahan Singonegaran dan Jl Mayjend Sungkono, Kelurahan Pocanan.

Kasi Pembangunan dan Rehabilitasi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kediri Sunarto bahwa revitalisasi tersebut menyusul banyaknya paving trotoar yang sudah mulai rusak. “Trotoar akan kami bongkar, untuk paving lama akan diganti dengan batu andesit,” kata Sunarto kepada Jawa Pos Radar Kediri kemarin (9/10).

Menurut Sunarto, penggunaan batu andesit dalam revitalisasi trotoar kali ini bukan tanpa alasan. Sebab, sebelumnya Pemerintah Kota (Kediri) sering mendapat keluhan tentang penggantian lantai trotoar menggunakan keramik.

Seperti di ruas Jl Diponegoro hingga Jl Hasanuddin. Di mana selama ini dari keluhan masyarakat, banyak yang merasa bahwa lantai keramik di trotoar itu tidak cocok. Bisa membahayakan warga karena licin ketika hujan. “Trotoar batu andesit bisa dilihat di sekitar RS Baptis dan perempatan Mrican,” tukasnya.

Dengan penggantian jenis lantai dengan batu andesit tersebut selain bisa mengurangi tingkat bahaya pejalan kaki yang melintas, juga dinilai lebih tahan lama dan secara estetika lebih memperindah lingkungan perkotaan. Contoh lain penggunaan batu andesit di trotoar Kota Kediri adalah di Jl Dhoho, dan PB Sudirman yang baru saja diperbaiki tahun lalu.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Kediri, sejumlah pekerja sudah mulai melakukan pembongkaran trotoar, terutama di Jl Dr Soetomo dan Jl Mayjend Sungkono. Pengerjaannya sudah dilakukan satu pekan ini. Di mana total biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan 3 ruas trotoar itu mencapai Rp 1,5 miliar.

(rk/die/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia