Senin, 10 Dec 2018
radarkediri
icon featured
Events

Gelar Kenduri Nanas di Lereng Kelud

30 September 2018, 15: 27: 44 WIB | editor : Adi Nugroho

nanas

SUDAH SIAP: Gunungan buah nanas telah disiapkan untuk acara kenduri dalam rangkaian Festival Kelud di lapangan timur gedung teater dan museum, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar. (ANDHIKA ATTAR - JawaPos.com/RadarKediri)

KEDIRI KABUPATEN - Hari ini, Festival Kelud 2018 menyajikan tumpeng nanas superjumbo. Tak tanggung-tanggung, gunungan nanas terdiri atas 10 ribu buah. Tingginya lebih dari enam meter. Tumpeng raksasa ini dipajang di lapangan timur gedung teater dan museum Kelud.

“Ini (festival nanas) sebagai rasa syukur kita,” ujar Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri Anang Widodo kepada Jawa Pos Radar Kediri kemarin (29/8).

Potensi nanas di kabupaten memang cukup besar. Dari total hasil pertanian holtikultura, sekitar 20 persennya adalah nanas. Penghasil nanas terbesar dari Kecamatan Ngancar, Plosoklaten, dan Puncu. “Total kita punya sekitar 2,5 ribu hektare lahan nanas,” ungkapnya.

Karena potensi inilah pemkab mengadakan acara syukuran berupa festival nanas. Selain itu, ada acara bursa buah yang digelar mulai kemarin dan hari ini. Acara bursa menyuguhkan berbagai komoditas buah unggulan Kabupaten Kediri. “Tujuan kita memang untuk mengenalkan dan mempromosikan buah lokal Kabupaten Kediri,” terangnya.

Menurut Camat Ngancar Suharsono, selain gunungan nanas raksasa ada pula yang berukuran kecil. Tingginya sekitar satu meter. Jumlahnya 16 gunungan. Gunungan ini disediakan beberapa dinas dan instansi terkait serta 10 desa di Kecamatan Ngancar.

Gunungan nanas akan diarak dari balai Desa Sugihwaras menuju lapangan. Beberapa dibentuk gunungan karena memang bertema kenduri nanas. “Gunungan nanas kecil tersebut berisi minimal 50 buah,” imbuhnya

Setelah diarak sampai lapangan, Bupati Kediri Haryanti membagikannya kepada masyarakat di lokasi. Acara arak-arakan bakal digelar sekitar pukul 06.30 WIB.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia