Sabtu, 22 Feb 2020
radarkediri
icon featured
Events

Sambut KVRR, Pelari Kediri Gelar Coaching Clinic

17 September 2018, 10: 31: 31 WIB | editor : Adi Nugroho

kediri

PELATIHAN: Sejumlah pelari mendengarkan intruksi terkait berlari yang benar. (Runners Kediri For RadarKediri.JawaPos.com)

Share this          

KEDIRI - Menyambut Kelud Vulcano Road Run (KVRR) pada 23 September, Trabas Trail Training bersama dengan Runners Kediri mengadakan coaching clinic. Bertempat di Taman Hijau Simpang Lima Gumul (14/9) pukul 16.00, puluhan peserta menyimak pembekalan menghadapi terjalnya medan KVRR di Gunung Kelud.

“Kami hanya memberikan saran khususnya pemula agar tidak salah dalam berlatih,” terang Atjong Tio Purwanto, salah satu pemateri. Menurut Atjong, lari sebenarnya adalah lari yang bisa dilakukan semua orang. Yang penting ada kemauan.“Kalau untuk prestasi tergantung dengan motivasi masing-masing,” terangnya.

KVRR 2018

KVRR 2018

Menurutnya, sifat dasar fisik manusia elastis di mana semakin dilatih semakin meningkat dan jika tidak di latih kembali lagi seperti awal. Atjong menjelaskan bahwa tiap individu mempunyai teknik berlari yang berbeda tergantung anatomi dan kebiasaan.

Tapi yang jelas tujuan teknik untuk mengefisienkan tenaga menjadi makhluk yang lebih efisien.  “Kalau untuk program latihan untuk tiap orang berbeda-beda tergantung kelebihan dan kekurangan individu.

Selain itu, Atjong juga menjelaskan kalau untuk menambah kemampuan bisa mencari pelatih yang mengetahui bentuk-bentuk latihan dan tujuannya. “Juga harus paham karakter atlet,” terangnya. Tujuannya selain mengembangkan kemampuan juga agar menghindari cedera.

Diingatkan oleh Atjong kalau lari adalah olahraga yang berjenjang atau bertahap. Karena itu perlu dilakukan latihan dan tidak luma kemauan yang kuat.

Selain membeberkan trik berlari yang baik, pada coching clinic juga disediakan waktu untuk tanya jawab bagi para peserta.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia