Rabu, 26 Sep 2018
radarkediri
icon featured
Politik

Jatah CPNS Pemkab Mayoritas untuk Tenaga Pendidikan

Selasa, 11 Sep 2018 16:39 | editor : Adi Nugroho

CPNS Kabupaten Kediri

CPNS Kabupaten Kediri (GRAFIS: Afrizal Saiful - JawaPos.com/RadarKediri)

KEDIRI KABUPATEN -  Jatah calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Pemkab Kediri ternyata ‘hanya’ 490 formasi. Jumlah itu selisih 19 formasi dari yang diajukan ke pusat sebanyak 509 formasi.

Sebelumnya, Pemkab Kediri mengirim usulan pengisian PNS ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) sebanyak 509 formasi. Alokasinya, sebagian besar untuk tenaga pendidikan.

Ternyata dari usulan tersebut, pada rapat yang digelar Kamis (6/9) lalu, Kemen PAN-RB hanya memberikan jatah total 490 formasi. Jumlah itu menjadi bagian dari 186.744 formasi total penerimaan CPNS instansi daerah yang ada di seluruh Indonesia.

Hanya saja untuk detailnya, pemkab belum berani banyak bicara. “Lebih pastinya menunggu saat ada penetapan dari Kemen PAN-RB,” terang Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kediri Krisna Setiawan, kemarin.

Untuk diketahui, pada pengajuan usulan 509 formasi, sebagian besar memang untuk tenaga guru. Yaitu sebanyak 250 formasi. Selain itu, 100 formasi tenaga kesehatan dan sisanya untuk tenaga teknis.

Penentuan usulan formasi ini berdasarkan jumlah tenaga PNS yang pensiun pada 2018 ini. Pertimbangan yang sama diduga juga menjadi dasar dari Kemen PAN-RB dalam menentukan jatah penerimaan PNS baru tiap daerah.

Krisna menjelaskan bahwa detail formasi dan proses seleksi yang akan dilakukan baru akan disampaikan pada pengumuman seleksi CPNS yang rencananya digelar pada 19 September nanti.

“Tapi, sekali lagi, untuk kepastiannya, akan kami sampaikan lebih lanjut setelah ada kejelasan,” tegasnya.

Sebab, rencananya pada Rabu besok (12/9) akan kembali dilakukan rapat finalisasi di Pemerintah Provinsi (Pemrpov) Jawa Timur. Data yang dimiliki Jawa Pos Radar Kediri menyebut, sejumlah tes akan dilakukan untuk menyaring CPNS. Yaitu karakteristik individu, intelegensia umum, wawasan kebangsaan, dan kompetensi bidang.

Proses seleksi ini rencananya akan dilakukan berbasis komputer. Yakni dengan sistem computer assisted test (CAT). Sistem seleksi dengan CAT ini diharapkan menjadikan proses penerimaan CPNS menjadi lebih transparan dan bisa dipertanggungjawabkan.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia