Selasa, 13 Nov 2018
radarkediri
icon featured
Events

Kemenpora RI Jaring Bibit Muda di Daerah

Kamis, 06 Sep 2018 08:58 | editor : Adi Nugroho

gala desa kediri

BIBIT MUDA: Atlet atletik sedang beradu menjadi yang paling cepat. (ANDHIKA ATTAR - JawaPos.com/RadarKediri)

KEDIRI - Dalam rangka mempopulerkan kegiatan olahraga dan menjaring bibit-bibit usia muda di daerah, Kemenpora RI mempunyai program bernama Gala Desa. Kabupaten Kediri menjadi salah satu dari sekitar 130 daerah yang dipercaya untuk menyelenggarakan event olahraga tingkat desa ini.

          Kegiatan gala desa di Kabupaten Kediri sendiri secara resmi dinyatakan dibuka di lapangan Canda Bhirawa, Pare kemarin (4/9). Acara pembukaan ini pun dihadiri langsung oleh perwakilan dari Kemenpora RI yang menggantikan Menpora Imam Nahrawi yang berhalangan hadir. Acara dibuka dengan melepaskan belasan balon ke udara.

          “Potensi atlet kita di daerah itu sebenarnya sangat banyak, hanya belum diketahui dan ditemukan saja,” ujar Rahayu Puji S, kasubid Pengembangan Olahraga Tinggi Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI.

trofi gala desa

GALA DESA: Penyerahan trofi utama saat pembukaan. (ANDHIKA ATTAR - JawaPos.com/RadarKediri)

          Dengan diadakan acara ini, diharapkan muncul bibit atlet asal Kabupaten Kediri yang dapat bersaing di kancah nasional bahkan internasional. Puji yakin bahwa atlet di daerah-daerah memiliki potensi yang besar jika dibina dengan baik dan berkelanjutan.

          Tujuan utama gala desa desa bukan hanya mencari bibit-bibit atlet saja, namun yang terpenting adalah acara ini dapat menjadi sebuah ajang kampanye tentang pentingnya olahraga. “Jika olahraga sudah dikenal luas oleh masyarakat, prestasi akan mengikuti kemudian,” imbuh Puji.

          Kabupaten Kediri sudah dua tahun ini turut andil meramaikan acara gala desa. Pada kesempatan kali ini, ada empat cabang olahraga (cabor) yang diikutkan. Antara lain lari 50 meter dan 60 meter, bola voli, bulu tangkis dan tenis meja.

Masing-masing cabor akan diselenggarakan di tempat yang berbeda-beda. Cabor bulu tangkis di Desa Wonorejo, Kecamatan Wates. Cabor tenis meja di Desa Sonorejo, Grogol, lalu untuk bola voli di Desa Joho, Wates dan Purwodadi, Ringinrejo.

Sedangkan untuk cabor atletik lari diselenggarakan di stadion Canda Bhirawa, Pare. Cabor lari ini sendiri diramaikan oleh 300 peserta putra dan putri yang berusia di bawah 12 dan 16 tahun.

“Seluruh daerah di Kabupaten Kediri mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti acara gala desa ini,” ujar Sigit Sungkono, kasi Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri. Senada dengan Puji, Sigit juga berharap ada atlet asal Kabupaten Kediri yang dapat berbicara banyak di bidang olahraga.

(rk/rq/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia