Selasa, 13 Nov 2018
radarkediri
icon featured
PERSIK KEDIRI
Persik 2 v 2 PSBK

Draw Lawan PSBK, Persik Gagal Rebut Posisi Puncak

Minggu, 02 Sep 2018 16:50 | editor : Adi Nugroho

persik kediri

GAGAL MENANG: Yusuf Meilana saat melawan PSBK. (DIDIN SAPUTRO – JawaPos.com/RadarKediri)

KEDIRI KOTA - Keinginan Persik Kediri untuk kembali memuncaki klasemen terganjal. Skuad Macan Putih harus puas mendapat poin satu di laga kandang, Stadion Brawijaya, kemarin sore. Hal ini setelah tim tamu, PSBK Blitar, mampu menahan imbang tuan rumah dengan skor 2-2.

Efeknya, Persik harus tergeser ke posisi 3 klasemen sementara grup 5 Liga 3 Nasional. Padahal permainan apik sebenarnya sudah dipertontonkan tim tuan rumah sejak menit awal babak pertama. Serangan Macan Putih sempat merepotkan lawan.

Sesekali umpan lambung dari sektor tengah bisa dimanfaatkan pemain depan Persik. Namun beberapa kali tendangan yang ditujukan ke daerah pertahanan PSBK masih belum jitu. Sehingga tak membobol gawang lawan.

Di pertengahan babak pertama, pertandingan semakin seru. Situasi pun memanas. Ini lantaran gesekan antarpemain. Tak jarang wasit harus meniup peluit tanda pelanggaran dilakukan kedua kubu.

Puncaknya, di menit ke-20 Eka Sama Adi harus keluar. Dia digantikan Adi Eko Jayanto. Pasalnya, pemain bernomor punggung 45 tersebut cedera lututnya kambuh. Tuan rumah harus rela ketinggalan 0-1 pasca sontekan ringan Syamsul Huda, pemain depan PSBK, tidak bisa dihadang penjaga gawang Persik M. Listianto Ceputra. Gol pertama itu terjadi menit 29.

Ritme permainan kedua kubu semakin meningkat. Persik kembali mengancam gawang PSBK dengan tendangan-tendangan terarah. Gol Persik tercipta mendekati berakhirnya babak pertama. Umpan crossing Fahad Ismail mampu dieksekusi dengan baik oleh Bagas hingga membuahkan gol pada menit ke-45.

Hanya berselang satu menit, gol tuan rumah kembali terjadi. Ini berkat tendangan bebas Persik yang lagi-lagi bisa dimanfaatkan dengan cantik oleh sundulan Bagas. Skor berbalik menjadi 2-1 untuk Macan Putih hingga peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan wasit.

Namun akibat sundulan itu, Bagas berbenturan dengan kiper PSBK. Akibatnya, Bagas tak bisa bangun dan harus menjalani perawatan di luar lapangan. Dia tidak bisa melanjutkan pertandingan karena sesak dadanya.

Unggul 2-1, di babak kedua Persik terus bermain dengan pola menyerang. Sayang, mereka lengah di lini pertahanan. Ini terbukti dari serangan PSBK yang membuat pemain belakang Persik melakukan pelanggaran di kotak 16. PSBK pun mendapat hadiah penalty. Aris Dwi Santoso sukses mengeksekusinya. Skor 2-2 bertahan hingga akhir pertandingan.

Asisten Pelatih Persik Kediri Johan Prasetyo menyampaikan bahwa hasil kemarin di luar prediksi timnya. Meski begitu, ia menyadari, pemainya tidak bisa tampil 100 persen. Hal ini lantaran sejumlah pemain masih cedera. Terutama pemain inti, seperti Adi Eko Jayanto, Eka Sama Adi, dan penjaga gawang M. Listianto Ceputra. “Hari ini (Kemarin, Red) memang kami paksakan, seperti Eka yang belum bisa main seratus persen,” jelasnya.

Kemarin, Eka hanya bisa tampil setengah pertandingan babak pertama. Dia terpaksa keluar karena lututnya yang cedera kambuh. Adi Eko Jayanto yang biasanya menjadi ujung tombak pun tak bisa bermain maksimal. Itu karena engkel Adi dalam beberapa pertandingan terakhir belum sembuh. “Babak kedua pun kita harus kehilangan Bagas, itu juga berpengaruh bagi tim kita,” sahutnya.

Johan mengungkapkan, instruksi pelatih tak berjalan maksimal. Menurutnya, umpan lambung yang dilakukan pemain tidak maksimal. “Sebenarnya kalau kita bermain umpan-umpan pendek sepertinya bisa lebih maksimal,” tukasnya.

Sementara itu, Pelatih PSBK Muhadi mengatakan, sesuai harapan timnya. Kemarin tim berjuluk Laskar Peta ini menerapkan pola permainan bertahan dengan formasi 5-4-1. Namun karena tertinggal di 2-1 atas Persik di babak pertama, Muhadi mengubah strategi dengan menerapkan formasi 4-3-2-1. “Ini memang sesuai target kita yakni menginginkan hasil draw atas tuan rumah,” bebernya.

Dari hasil pertandingan tersebut, maka Persik Kediri harus puas berada di bawah PSBK pada klasemen sementara grup 5. Persik memperoleh poin sama dengan Persinga, 9 poin. Dalam laga selanjutnya Persik akan menjamu Persinga di Stadion Brawijaya 8 September mendatang.

(rk/rq/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia