Senin, 10 Dec 2018
radarkediri
icon featured
Features

Nite Carnival yang Megah, Indah, dan Penuh Warna

26 Agustus 2018, 09: 19: 41 WIB | editor : Adi Nugroho

nite carnival

DUNIA LAIN: Wakil Jember Fashion Carnival tampil dengan kostum unik saat Nite Carnival tadi malam. (DIDIN SAPUTRO – JawaPos.com/RadarKediri)

KEDIRI KOTA - Warga Kota Kediri tadi malam dimanjakan oleh ratusan peserta Nite Carnival. Pemandangan menarik beraneka kostum unik berpadu dengan warna-warni cahaya membuat suasana malam di Kota Kediri kemarin benar-benar semarak. Dan, ribuan warga kota pun betah berlama-lama berada di jalanan. Menyaksikan aksi dari semua kontingen peserta Nite Carnival dalam rangkaian perayaan HUT ke-1139 Kota Kediri.

Rangkaian karnaval malam itu dimulai pukul 19.00 WIB. Kontingen pertama diberangkatkan oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar. Saat kontingen pertama berupa regu marching band itu kilatan kembang api segera menghiasi langit Kota Kediri.

“Kami persembahkan (acara ini) untuk seluruh masyarakat Kota Kediri. Dan ini hiburan warga yang akan sangat meriah,” kata Wali Kota saat memberikan sambutan.

nite carnival

DAYA TARIK: Nite Carnival di Kediri. (DIDIN SAPUTRO - JawaPos.com/RadarKediri)

Tahun ini Nite Carnival diikuti oleh beberapa kontingen dari luar daerah. Di antaranya dari Jember Fashion Carnival dan Solo Batik Carnival. Sedangkan dari dalam kota, penampilan kontingen PT Gudang Garam Tbk menyedot perhatian warga. Kontingen PT GG tampil mengusung kearifan lokal. Berupa kisah Panji Asmarabangun.

Selain tema yang kental dengan sejarah Kota Kediri, PT GG tampil dengan kemegahan kostum dan pencahayaan. Dihiasi gemerlap cahaya yang berbalut asap dan gelembung membuat suasana seolah-olah dibawa ke zaman kerajaan.

Sementara, perwakilan JFC membuat penonton terpukau dengan berbagai kostum yang ditampilkanya. “Ini yang pertama kali kita tampil di Kota Kediri,” kata Ira salah satu peserta dari JFC.

Ira dan kawan-kawanya pun menyebut bahwa dirinya bangga bisa diundang dan berkontribusi memeriahkan HUT Kota Kediri ini. Ia berharap tahun depan bisa tampil lagi di Kota Kediri.

Dimulai dari Stadion Brawijaya, peserta menampilkan kreasi baik kostum maupun mobil hias yang diarak menuju balai kota. Jarak yang ditempuh sekitar 2 kilometer dengan melewati beberapa ruas jalan. Mulai dari Jl PK Bangsa, Jl Erlangga, Jl Hayam Wuruk dan Jl Basuki Rahmat.

Total peserta lebih dari 1.200 orang dengan 45 mobil hias. Mereka berasal dari perwakilan perusahaan yang ada di Kota Kediri, instansi pemerintahan, sekolah, juga perwakilan masyarakat dari berbagai kelurahan. Sedangkan kontingen dari luar daerah berasal dari Kabupaten Kediri, Trenggalek, Malang, Surabaya, Nganjuk, Jember, hingga Solo.

Antusiasme warga pun terlihat dengan penuh sesaknya jalanan yang dilewati peserta parade tersebut. Mereka berada di belakang barikade yang telah dipasang sejak pagi. penonton pun tampak menikmati suguhan acara ini.

Salah satunya adalah Kurnia Putri. Ia sangat senang melihat acara Nite Carnival tadi malam. Menurutnya acara itu sangat unik karena diadakan di malam hari. Sehingga penonton pun tidak perlu panas-panasan.

“Bagus, pesertanya banyak dan sangat kreatif. Penonton pun juga tertib jadi tidak menghambat peserta,” ujar warga Pare yang datang sejak sore tersebut.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia