Selasa, 21 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Features

Gedung SMAN 1 Kota Kediri Diduga Cagar Budaya

Tak Boleh Gegabah Renovasi

25 Agustus 2018, 20: 07: 28 WIB | editor : Adi Nugroho

sman 1 kediri

BERNILAI SEJARAH: Salah satu sudut gedung SMAN 1 Kota Kediri yang dinyatakan sebagai ODCB oleh tim ahli BPCB. Saat ini gedung tersebut mengalami renovasi. (DIDIN SAPUTRO – JawaPos.com/RadarKediri)

Share this          

KEDIRI KOTA- Pihak SMAN 1 Kota Kediri harus berhati-hati bila melakukan renovasi gedung. Sebab, gedung mereka masuk dalam kategori Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) oleh tim ahli Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB). Perlakuan terhadap gedung itupun harus mempertimbangkan pelestarian bangunan.

“Meskipun masih berstatus sebagai ODCB, perlakukannya sudah disetarakan dengan cagar budaya,” terang Agus Sumaryono, wakil kepala bagian Humas SMAN 1 Kota Kediri.

Perlakuan yang disetarakan tersebut antara lain pada kegiatan renovasi ataupun perbaikan. Renovasi harus dikoordinasikan lebih dulu dengan dinas terkait serta tenaga ahli pelestarian cagar budaya. Karena itu perlu perencanaan matang agar sesuai dengan aspek-aspek pelestarian.

“Dari rekomendasi BPCB, kami harus perhatikan keaslian bahan, bentuk, serta teknik pengerjaanya,” jelas Agus.

Saat ini, gedung bekas sekolah zaman Belanda atau Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) tersebut sedang dalam perbaikan. Tak hanya di bagian depan, tapi juga atap yang sudah mulai rusak.

Agus menyampaikan bahwa penetapan gedung SMAN 1 sebagai ODCB ini setelah tim melakukan peninjauan pada 6-7 Juni 2018. Salah satu pertimbanganya adalah, gedung SMAN 1 Kediri usianya lebih dari setengah abad. Yang dibuktikan dengan data sejarah yang menyebut MULO, sekolah menengah pertama di zaman Belanda ini dibentuk pada 1924.

“Gedung SMAN 1 Kediri telah menjadi bukti penting bagi peristiwa sejarah pendidikan dan perjuangan di zaman penjajahan Belanda. Khususnya di Kota Kediri ini,” tegasnya.

Masih menurut Agus, saat ini gedung salah satu SMA favorit tersebut memang butuh renovasi. Salah satunya adalah renovasi teras depan. Juga atap gedung bagian samping. Berdasarkan pemantauan BPCB, bagian dinding dan lantai bangunan juga mulai mengalami kerusakan. Apabila tidak segera direnovasi kerusakan bisa menjalar.

“Dalam perbaikan ini kami pertahankan keaslian bentuk. Juga kesamaan penggunaan material bangunan. Kalaupun tidak sama, kualitasnya harus setara,” sahutnya.

Agus menyebut, pihak sekolah mendapat bantuan dari Direktorat Jendral Pendidikan Menengah Kemendikbud dalam renovasi ini. Hal ini mengacu bahwa SMAN 1 Kota Kediri ini merupakan satu-satunya bangunan SMA yang bersejarah di Kota Kediri.

Hingga kini pihak sekolah masih berusaha mendapat kejelasan terkait status cagar budaya yang ditetapkan. Apakah nantinya benar-benar didaftarkan sebagai situs cagar budaya atau hanya pada ODCB saja. Namun hal tersebut tidak menyurutkan niat pihak sekolah untuk tetap menjaga kelestarian gedung sekolah.

“Kalaupun belum resmi berstatus cagar budaya, kami berusaha untuk melakukan perawatan agar bangunan tetap terjaga kelestarianya,” tukasnya.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Kediri, tampak bagian-bagian bangunan yang masih terjaga kelestarianya. Seperti plafon dari papan kayu serta daun pintu dan jendela yang masih khas bergaya kolonial.

Tak hanya itu, salah satu ciri yang unik dari bangunan tersebut. Yaitu adanya kuncup di bagian atap. Sedangkan di halaman, sebelah gerbang masuk, ada sebuah monumen yang menyebut bahwa gedung SMAN 1 Kediri itu adalah bekas markas militer Divisi/Brawijaya.

Dari bukti sejarah, diketahui bahwa berdirinya MULO sebagai sekolah lanjutan pertama di Karesidenan Kediri inilah yang menjadikan bangunan SMAN 1 Kediri cukup penting di dunia pendidikan Jawa Timur. Walaupun pada masanya MULO hanya diperuntukan bagi kalangan tertentu namun keberadaanya memberikan dampak yang besar bagi Kota Kediri. Menjadi satu-satunya MULO di Karesidenan Kediri yang membawahi beberapa daerah di sekitarnya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia