Rabu, 26 Sep 2018
radarkediri
icon featured
Ekonomi
Pasar Setonobetek

Blok A untuk Dagangan Kering

Rabu, 15 Aug 2018 15:34 | editor : Adi Nugroho

pasar setonobetek - radar kediri

PROSES: Bangunan yang disiapkan untuk dagangan basah di Pasar Setonobetek masih dalam tahap penyelesaian. (M FIKRI ZULFIKAR - JawaPos.com/RadarKediri)

KEDIRI KOTA – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Kediri tak ingin penempatan pedagang di Pasar Setonobetek yang baru menimbulkan masalah. Karena itu, mereka terus berkoordinasi dengan para pedagang. Terutama untuk penempatan pedagang di Blok A. Baik yang di lantai 1 maupun lantai 2.

Direktur PD Pasar Kota Kediri Syaiful Yasin menegaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan paguyuban pedagang. Yang mereka bicarakan adalah soal pengaturan lapak dan penempatannya. Untuk Blok A, jenis dagangan di lantai 1 dan lantai 2 berbeda.

“Telah kami atur nanti lantai satu untuk apa dan lantai dua untuk apa. Termasuk kios-kios di belakang Blok A yang saat ini tengah proses pembangunan,” terang Yasin.

Untuk lantai 1 dan 2 di Blok A, diperuntukkan untuk barang dagangan yang bersifat kering. Sedangkan bangunan di belakang blok A dijadikan tempat pedagang yang berjualan bersifat basah. Seperti daging dan sejenisnya. Bangunan itu saat ini tengah dalam proses penyelesaian.

Rincian untuk barang dagangan kering yang ditempatkan di lantai satu seperti konveksi, sepatu, sayur-mayur kering, hingga warung. Sedangkan yang ditempatkan di lantai dua dagangan kering yang berjenis lain. Seperti telur, toko emas, dan toko kelontong.

“Khusus untuk daging memang tidak kami jadikan satu dengan Blok A. Karena merupakan dagangan basah. Kami berikan los sendiri di selatan Blok A,” terangnya.

Saat ini, semua kios di lantai satu dan lantai dua sebenarnya sudah siap ditempati para pedagang. Di Blok A tersebut kios yang tersedia adalah 210 unit. Rinciannya, 140 kios berada di lantai satu. Sedangkan sisanya ada di lantai dua. “Sebenarnya para pedagang tinggah pindah saja ini,” terang Yasin.

Walaupun tinggal pindah, namun belum bisa berlangsung dalam waktu dekat ini. Sebab, para pedagang masih disibukkan dengan koordinasi antarmereka. Para pedagang tengah mengikuti proses pengaturan untuk memilih kios yang akan ditempati. Pengaturan secara mandiri oleh para pedagang ini diharapkan bisa meminimalisasi ketidakpuasan. Agar mereka bisa tenang ketika mendapat jatah kios dan tidak sampai terjadi gejolak saat penempatan

. “Ini para pedagang juga tengah mengatur penempatan mereka,” tegasnya.

Langkah pengelolaan lanjutan Pasar Setonobetek Blok A ini terlaksana setelah Selasa lalu (7/8) pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kediri menyetujui Raperda Penambahan Penyertaan Modal yang diajukan Pemkot Kediri. Namun, PD Pasar masih menunggu koordinasi dari Pemkot Kediri terkait penyerahan secara administrasi pengelolaan pasar tersebut kepada mereka. Bila sudah terjadi penyerahan, PD Pasar bisa segera melangkah.

(rk/fiz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia