Jumat, 15 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Bus Tertimpa Pohon, Kernet dan Penumpang Terluka

11 Agustus 2018, 16: 06: 13 WIB | editor : Adi Nugroho

bus tertimpa pohon

RINGSEK: Petugas Polsek Papar mengamankan bus Harapan Jaya yang tertimpa pohon di Jalan Raya Papar–Kertosono, Desa/Kecamatan Papar, dini hari kemarin. (POLSEK PAPAR For JawaPos.com/RadarKediri)

Share this          

KEDIRI KABUPATEN- Kecelakaan tunggal melibatkan bus Harapan Jaya AG 7894 UR terjadi di Jalan Raya Papar–Kertosono, Desa/Kecamatan Papar, kemarin. Bus jurusan Trenggalek–Surabaya yang dikemudi Dwi Suprapto, 27, ini tertimpa pohon pinggir jalan yang tumbang.

Akibatnya, kernet dan dua penumpangnya luka-luka. Subroto, 49, kernet bus asal Dusun Boro, Desa Banjaranyar, Kecamatan Kras itu mengalami luka dan bengkak di bahu kiri. Sedangkan penumpang yang luka adalah dua perempuan asal Papar. Ulil Niam, 20, warga Dusun Gondang, Desa Ngampel, dan Ramadan Aibab, 18, warga Dusun Plosokuning, Desa Jambangan, luka robek pada kepala.

“Para korban telah dibawa petugas ke RS Bhayangkara Kediri untuk mendapatkan tindakan pengobatan lebih lanjut,” terang Aiptu Siswanto, kasihumas Polsek Papar, kepada Jawa Pos Radar Kediri sekitar pukul 11.00 WIB, kemarin.

Sementara kondisi kendaraan mengalami kerusakan cukup parah pada sisi kiri depan. Bagian atasnya ringsek dan kaca depan pecah. Informasi koran ini menyebut, peristiwanya terjadi sekitar pukul 03.30 WIB. “Bus dari arah selatan, lalu pohon di barat jalan tiba-tiba roboh menimpa bus tersebut,” ungkap Siswanto.

Menurutnya, pohon itu tumbang karena sudah tua dan lapuk. Selain itu, terpaan angin yang berembus di lokasi kejadian cukup kencang. Apesnya, ketika pohon tersebut roboh, bersamaan dengan bus yang dikemudi Dwi melintas di tempat kejadian perkara (TKP).

Tidak mengira bakal ada pohon ambruk, Dwi yang melajukan kendaraannya menuju ke Surabaya tak sempat menghindar. Pohon itu tepat menimpa busnya. Akibatnya, bus yang dikemudi sopir asal Dusun Timus, Desa Karanganyar, Wates ini mengalami kerusakan cukup parah. “Kerugian material diperkirakan sekitar Rp 3 juta,” imbuh Siswanto.

Meski begitu, selain tiga korban luka, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Dwi sendiri tidak cedera. Mendengar ada laporan kecelakaan ini, empat petugas Polsek Papar langsung mendatangi TKP. Mereka mengamankan situasi dan mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan. “Evakuasi kurang lebih sekitar satu jam,” tambah Siswanto.

Dia menyatakan, kasus kecelakaan ini telah dilimpahkan ke unit laka satlantas Polres Kediri untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. “Bus langsung jalan menuju ke arah selatan, dibawa langsung ke bengkel untuk diperbaiki,” ujar Siswanto.

Pohon peneduh jalan yang tumbang diperkirakan memiliki diameter sekitar 40 – 50 sentimeter (cm). Petugas kemudian mengatur lalu lintas menggunakan stick lamp mengingat pohon yang tumbang cukup besar. Berdasarkan pengamatan koran ini, pohon yang berada di barat jalan itu kondisi batangnya memang sudah keropos, termasuk di bagian dalamnya.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia