Sabtu, 25 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Features
Tokoh & Peristiwa

Mendidik pun Perlu Pakai Contoh

25 Juli 2018, 14: 21: 21 WIB | editor : Adi Nugroho

Nasrullah, kepala Tim Advicesory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia ekskaresidenan Kediri.

Nasrullah, kepala Tim Advicesory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia ekskaresidenan Kediri. (RAMONA VALENTIN – JawaPos.com/RadarKediri)

Share this          

Mendidik anak memang bukan perkara mudah bagi tiap orang tua. Termasuk bagi Nasrullah, kepala Tim Advicesory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia eks-karesidenan Kediri. Sehingga tidak salah bila ia memiliki cara tersendiri untuk mendidik anak-anaknya.

“Anak-anak adalah orang terdekat kita. Jadi apa yang kita lakukan cenderung ditiru,” ungkapnya pada Jawa Pos Radar Kediri. Ia mengungkapkan bila ia dan istri sepakat untuk memberikan contoh baik melalui perilaku sehari-hari. Ia berharap dari sanalah anak-anaknya mampu terdidik dengan perilaku baik. “Karena anak-anak kan melihat apapapun yang kita lakukan,makanya kita juga perlu hati-hati,” tegasnya.

Ayah 3 anak ini juga mengaku, lebih mengutamakan menanamkan nilai agama sejak kecil, agar anak tidak berperilaku menyimpang. “Saya coba terapkan apa yang sudah orang tua saya lakukan pada saya sebagai anak,” kata laki-laki asal Jogjakarta ini.

Melihat perilaku anak-anak zaman sekarang yang berpotensi melakukan perilaku menyimpang. Tidak salah bila ia sangat memerhatikan hingga mengontrol perilaku yang berpotensi diikuti anak-anaknya.

“Karena figur orang tua sebagai teladan. Kita harus bisa berperilaku yang tidak menyimpang,” paparnya sambil tersenyum. Ia juga menjelaskan bila pembentukan tingkah laku sudah bisa dibentuk sejak kecil melalui orang-orang terdekat anak-anak. Di sela-sela kesibukannya, ia tetap menyempatkan diri untuk mengaji setelah ibadah salat magrib. Bukan untuk  mengajari anaknya saja, melainkan juga untuk kebutuhannya dalam beribadah. “Apapun yang kita lakukan, akan dikenang anak kita sampai seumur hidup,” pungkasnya.

(rk/fiz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia