Selasa, 13 Nov 2018
radarkediri
icon featured
Show Case

Perum Jamkrindo Ikut Cerdaskan Anak Bangsa

Bagikan Puluhan Ribu Paket Bantuan Pendidikan

Selasa, 17 Jul 2018 16:58 | editor : Adi Nugroho

jemkrindo kediri

PEDULI PENDIDIKAN: Antoro Asih (kanan) Kepala Cabang Jamkrindo Kediri saat menyerahkan paket penunjang pendidikan secara simbolis di SDN Ngadirejo 2 Kediri. (MAHISA AYU - JawaPos.com/RadarKediri)

KEDIRI – Sebagai bentuk kepedulian dan simpati perusahaan pada dunia pendidikan,  serta wujud dan komitmen untuk turut serta dalam mencerdaskan anak bangsa, Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) membagikan puluhan ribu paket penunjang pendidikan. Bantuan itu berupa buku pelajaran, seragam sekolah, alat tulis, dan buku pengetahuan yang didistribusikan untuk 132 sekolah di berbagai wilayah di Indonesia.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan,  kegiatan sosial bertajuk Gerakan Jamkrindo Peduli Pendidikan ini diinisiasi untuk mengurangi beban pendidikan para siswa yang kurang mampu, sekaligus untuk mengajak segenap insan Perum Jamkrindo berperan meningkatkan kualitas pendidikan sekolah.

Total ada sekitar 53.000 barang yang dikemas dalam 27.000 paket penunjang pendidikan yang dibagikan ke 66 sekolah dasar (SD) dan 66 sekolah menengah pertama (SMP). ”Bantuan penunjang pendidikan itu diharapkan bisa mengurangi beban para siswa pada tahun ajaran baru kali ini. Ini merupakan inisiatif Perum Jamkrindo untuk berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia melalui sektor pendidikan ," ujar Randi Anto.

jamkrindo peduli pendidikan

PENERUS BANGSA: Siswa SMPN 7 Kediri berfoto bersama perwakilan Jamkrindo, guru, dan Kepala SMPN 7 Kediri Adi Wasito, M.Mpd usai menerima bantuan. (MAHISA AYU - JawaPos.com/RadarKediri)

Penyerahan bantuan paket penunjang pendidikan dilaksanakan secara serentak pada Selasa (17/7/2018) pukul 10.00 WIB di masing-masing wilayah, yakni oleh kantor pusat, 9 kantor wilayah, KCK Jakarta, dan 56 kantor cabang Perum Jamkrindo. “Khusus untuk bantuan melalui kantor cabang Kediri, didistribusikan sebanyak 310 paket dan 223 buku penunjang pendidikan,” papar Antoro Asih, Kepala Cabang Jamkrindo Kediri.

Pembagian ini menurut Antoro dilakukan di dua sekolah. “Secara simbolis, kantor cabang Kediri Perum Jamkrindo menyalurkan bantuan di SDN Ngadirejo 2 Kediri dan SMPN 7 Kediri,” ujar Antoro.

Kegiatan Jamkrindo Peduli Pendidikan merupakan salah satu dari rangkaian acara hari ulang tahun (HUT) Perum Jamkrindo ke-48 yang diperingati pada 1 Juli lalu. Selain kegiatan tersebut, Perum Jamkrindo juga telah mengadakan serangkaian acara bakti sosial lainnya. Yakni berupa bantuan operasi katarak gratis kepada 70 orang di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, donor darah, hingga pemberian bantuan 4.800 paket sembako dan santunan untuk 3.470 anak yatim.

Dalam rangka menjalin sinergi antar badan usaha milik Negara (BUMN), Perum Jamkrindo juga menyediakan fasilitas dan perlengkapan untuk 21 taman bacaan di berbagai daerah di Indonesia. Taman bacaan ini mendukung kegiatan belajar untuk SD, SMP, dan SMA.

Untuk diketahui, Jamkrindo adalah BUMN yang bergerak di bidang penjaminan dengan produk program dan non progam. Produk untuk mendukung program pemerintah adalah penjaminan kredit usaha rakyat (KUR), penjaminan kredit pemilikan rumah (KPR) sejahtera dengan skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), dan penjaminan sistem resi gudang.

Adapun produk non-program adalah penjaminan kredit/pembiayaan umum, penjaminan kredit/pembiayaan mikro, penjaminan kredit/pembiayaan konstruksi dan pengadaan barang/jasa, serta penjaminan kredit/pembiayaan multiguna. Juga ada penjaminan distribusi barang, penjaminan bank garansi/kontragaransi, surety bond, penjaminan kredit BPR/BPRS, serta custom bond. Tak hanya itu, produk non-program juga meliputi penjaminan keagenan kargo, penjaminan invoice financing, penjaminan skema subsidi resigudang, dan penjaminan fintech. Selain itu, Perum Jamkrindo juga melakukan pemeringkatan UMKM.

Saat ini, Perum Jamkrindo memiliki jaringan kerja di 9 kantor wilayah, 1 kantor cabang khusus, 56 kantor cabang, dan 16 kantor unit pelayanan (KUP). Selama tahun 2017, Perum Jamkrindo membukukan aset Rp 14,6 triliun, tumbuh dari Rp 13,4  triliun pada 2016.  

Pada tahun 2018 ini Perum Jamkrindo menargetkan volume penjaminan sebesar Rp 156,8 triliun yang terdiri dari penjaminan KUR Rp 50 triliun dan non-KUR Rp 106,8 triliun.

Perum Jamkrindo juga meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan tahun 2017 berdasarkan hasil audit oleh Kantor Akuntan Publik Hertanto, Grace, Karunawan (HGK) member of TIAG yang dilansir pada Rabu, 28 Februari 2018.  

Dalam hal penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), Perum Jamkrindo dibawah Direktur Utama Randi Anto meraih predikat dengan kualifikasi sangat baik dan berdasarkan sertifikasi PEFINDO (Credit Rating Agency) berperingkat AA Plus (Double A Plus, Stable Outlook). Informasi lain mengenai Perum Jamkrindo bisa diakses melalui www.jamkrindo.co.id. (*)

(rk/fiz/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia