Selasa, 21 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Features

Kota Kediri Kian Ramah Lingkungan dengan Ruang Terbuka Hijau (3)

Ajang Berkumpul Kegiatan-Kegiatan Positif

25 Juni 2018, 19: 15: 35 WIB | editor : Adi Nugroho

EDUKATIF: Anak-anak menyaksikan pameran foto yang berlokasi di Taman Sekartaji.

EDUKATIF: Anak-anak menyaksikan pameran foto yang berlokasi di Taman Sekartaji. (M FIKRI ZULFIKAR - JawaPos.com/RadarKediri)

Share this          

Revitalisasi Taman Sekartaji jadi salah satu bukti keseriusan Pemkot Kediri menyediakan fasilitas publik bagi warga kota. Selain jadi indah dan bersih, taman ini mampu mewadahi banyak agenda kegiatan berbagai elemen masyarakat.

Taman Sekartaji berada di Kelurahan/Kecamatan Mojoroto . Taman ini menjadi salah satu konsen Pemkot Kediri dalam menyediakan Ruang Terbuka hijau (RTH). Tak hanya jadi tempat nyaman dikunjungi sebagai media refreshing keluarga saja. Tapi juga mampu menunjang menunjang keaktifan berbagai komunitas untuk berkumpul dan saling bercengkerama.

Sebelumnya, keadaan Taman Sekartaji seperti tak terurus. Hak publik atas ruang terbuka pun tereliminasi oleh deretan kafe-kafe yang ada di dalamnya. Kemudian, di era kepemimpinan Wali Kota Abdullah Abu Bakar, taman ini mulai ditata. Disulap menjadi semakin cantik dan indah.

Karena semakin tertata itulah kini taman ini banyak diminati masyarakat. Bukan hanya warga Kota Kediri saja, tapi juga dari luar kota yang berdatangan. Menikmati taman yang berkonsep hijau dan modern ini.

“Semakin banyak yang memanfaatkan taman ini untuk berbagai hal,” terang Kabag Humas Pemkot Kediri Apip Permana.

Setiap hari taman ini tidak pernah sepi dari warga kota. Mulai para ibu-ibu memanfaatkannya sebagai tempat senam, anak-anak berkumpul untuk belajar bersama, hingga berbagai komunitas mengadakan acara. Apalagi, Pemkot Kediri sangat menunjang aktivitas seperti itu. Dengan menyediakan panggung yang bisa untuk perform para anggota komunitas. Mulai dari komunitas seni hingga komunitas teater.

“Sangat positif juga sambutan warga. Karena taman ini digunakan rekreasi, edukasi, hingga olahraga,” ujarnya.

Taman seluas 7 ribu meter persegi ini pun diharapkan bisa menunjang RTH di Kota Kediri. Agar jumlahnya semakin banyak. Ruang-ruang publik tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana penunjang pendidikan karakter bagi anak. Bersentuhan dengan alam seperti berbagai pepohonan yang rindang di taman ini bisa membuat anak-anak mempelajari banyak hal. “Baik terkait dengan alam lingkungan itu sendiri maupun tempat berinteraksi dengan rekan secara nyata. Tanpa menggunakan ponsel,” terangnya.

Dengan banyaknya taman seperti Taman Sekartaji ini pun membuat interaksi antaranak di Kota Kediri bisa berlangsung. Hal itu bisa sangat efektif untuk membangun kedekatan sosial di antara mereka. Yang karena perkembangan teknologi semakin canggih membuat intensitas bertemu menjadi berkurang. Terkurangi dengan maraknya medsos. “Taman Sekartaji inilah bisa mempertemukan para anak-anak Kota Kediri,” ujar Apip.

Apip berharap dengan dipenuhinya sarana tempat publik seperti Taman Sekartaji ini anak-anak muda khususnya juga bisa berkumpul. Memanfaatkan taman sesuai fungsinya untuk kegiatan yang positif. Seperti yang telah berlangsung beberapa kali. Mulai dari pameran fotografi, pameran lukisan, hingga pertunjukan musik dan teater pun kerap terlaksana di taman ini.

“Malah taman ini bisa memberikan banyak efek terhadap lingkungan di sekitar taman. Terlebih ekonomi warga sekitar bergerak dan pendapatan warga sekitar bertambah,” tegasnya.

(rk/fiz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia