Sabtu, 25 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Travelling

Manis-Manis Cair untuk Awal Berbuka

Lepas Dahaga dengan Yang Dingin

05 Juni 2018, 15: 00: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

RAMONA TIARA VALENTIN - JawaPos.com/RadarKediri

RAMONA TIARA VALENTIN - JawaPos.com/RadarKediri

Share this          

Ramadan hampir sampai pertengahan bulan. Banyak menu-menu yang telah kita nikmati untuk sajian berbuka. Ya terutama berbukalah dengan yang manis-manis. Olahan minuman dingin tentu sangat menyegarkan. Apalagi, untuk mengawali berbuka. Cita rasanya bisa menghilangkan dahaga dan menyejukkan kering tenggorokan.

Di Kota Kediri, beragam racikan minuman dingin yang khas dapat kita temukan di sejumlah tempat. Yuk ..mari intip beberapa sajian takjil cair ini. Eits jangan pada ngiler ya..boleh diincip-incip juga kok. Tapi tunggu kumandang azan Magrib dulu ya..!

.

.

Es Kelapa Muda (Degan) 

Minuman satu ini siapa sih yang tidak kenal. Ya, es kelapa muda atau yang sering disebut dengan es degan ini hampir selalu ada di setiap wilayah di Indonesia. Apalagi di Kediri.

Seperti salah satunya yang banyak dikenal dengan sebutan Es Degan Baruna. Itu karena letaknya yang tidak jauh dari kawasan parkir Bus Baruna. Tepatnya di Jalan Kilisuci, Kota Kediri, kedai Es Degan Pak Sunaryo ini bisa dijumpai. Cukup dengan Rp 5 ribu kita bisa menikmati satu gelas es degan nan menyegarkan ini. Keunikan dari es degan ini terletak pada cita rasa perasan jeruk hingga gula aslinya.

.

Es Campur

Yang satu ini juga tidak kalah dengan menu takjil sebelumnya, es campur. Minuman yang terdiri dari es, sirup, susu kental manis hingga varian agar dan buah sebagai topingnya ini memang memiliki versi yang berbeda pada setiap wilayahnya.

Tidak jarang juga peraciknya memberikan tambahan toping cincau hitam dalam ukuran satu porsinya. Seperti Es Campur olahan Sentosa yang terletak di kawasan Jalan HOS Cokroaminoto, dekat Pasar Pahing Kota Kediri ini, misalnya. Untuk satu porsinya dibanderol Rp 8 ribu dengan varian buah, agar-agar, hingga cincau hitam.

.

Es Godir

Olahan es ini berupa perpaduan kuah santan serta agar-agar yang terbuat langsung dari serat rumput laut. Serat inilah yang disebut dengan godir. Seperti Es Godir sajian Mak Tun yang terletak di Jalan Cendana, Kelurahan Singonegaran ini, misalnya.

Minuman dengan tambahan gula merah dalam satu porsinya tersebut dibanderol Rp 2 ribu per porsinya. Keunikan dari es godir ini adalah perpaduan warna gula merah yang bercampur dengan santan serta warna godir yang setara dengan warna gula merah kecokelatan.

(rk/fiz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia