Jumat, 20 Sep 2019
radarkediri
icon featured
Events

Para Nominator Prodamas Award 2018 (6)

Wujudkan Gudang, Inventaris RT Aman

23 Mei 2018, 16: 37: 18 WIB | editor : Adi Nugroho

gudang prodamas - radar kediri

KREATIF: Mengatasi lahan yang terbatas, gudang di RT 32/RW 08 Kelurahan Balowerti dibangun di atas gang. (BAGUS CHOCO - JawaPos.com/RadarKediri)

Share this          

Dahulu barang inventaris RT dititipkan di rumah warga. Ini karena memang belum ada tempatnya. Kini sejak ada prodamas, gudang pun terbangun. Layak jika program ini akhirnya menjadi salah satu nominator di bidang infrastruktur.

Keinginan warga RT 32/RW 08 Kelurahan Balowerti untuk memiliki tempat penyimpanan barang inventarisnya akhirnya terwujud tahun 2017 lalu. Mereka bisa membangun gudang.

Uniknya, gudang berukuran 3 x 8 meter ini dibangun di atas jalan masuk gang, Jl Medang Kamulan. Tingginya sekitar 6 meter. “Ya sengaja kami bangun di atas karena memang lahannya adanya di jalan masuk gang RT sini,” kata Suyani, wakil RT 32/RW 08 Kelurahan Balowerti, mewakili Ketua RT Suwardi Danan Jaya saat menemui tim penilai Prodamas Award 2017 di sela acara posyandu balita (16/1).

          Menurut Suyani, proyek pembangunan gudang tersebut telah dimusyawarahkan dalam rembuk warga. Usulan itu akhirnya disepakati kemudian langsung diwujudkan.

          “Waktu itu rapatnya di rumah Pak Mulyono. Dari semua usulan yang diajukan warga, tidak ada perubahan. Semua direalisasi sesuai RAB (rencana anggaran belanja),” ujar Suyani.

Bahkan, warga pun melakukan swadaya demi merealisasi gudang inventaris RT 32/RW 08 Balowerti tersebut. Agar ruang gudang lebih luas, warga menambah sendiri bangunannya. Luas gudang yang semula ditopang enam pilar, ditambah menjadi delapan pilar. “Dengan begitu ruang lebih lapang dan kapasitas barang yang disimpan di sana jadi lebih banyak,” terang Suyani.

Di dalam gudang tersebut diisi perabot meja dan kursi yang biasanya dipakai untuk pertemuan. Kemudian ada sound system dan terop. “Selain tukang yang menggarap bangunannya, kami ikut membantu dengan gotong royong. Ada 30 warga di sini yang kerja bakti saat proses ngecor. Itu pas hari Minggu,” urai Suyani.

 Salahg satu juri prodamas Endro Purwito menyatakan kreativitas yang dilakukan warga RT ini memang menjadi nilai lebih dibanding program-program di bidang infrastruktur lainnya. “Mereka mampu memanfaatkan maksimal lokasi gudang yang sudah disiapkan,” pungkasnya.

(rk/*/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia