Selasa, 21 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Disdik Buka PPDB Jalur Prestasi

20 Mei 2018, 15: 06: 34 WIB | editor : Adi Nugroho

Disdik Buka PPDB Jalur Prestasi

Share this          

KEDIRI KOTA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri bakal menyediakan jalur khusus bagi siswa berprestasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP negeri. Namun, mereka yang bisa mendaftar di jalur ini harus yang memiliki prestasi dari event bergengsi. Setidaknya di tingkat provinsi.

Menurut Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Chevy Ning Suyudi, prestasi yang diterima dalam jalur ini adalah siswa yang pernah memperkuat kontingen Kota Kediri. Mereka juga menjadi peraih medali emas, perak, atau perunggu. Untuk beregu minimal dua orang.

“Prestasi ini nanti dibuktikan dengan piagam penghargaan yang dia terima,” jelas Chevy.

Dengan jalur prestasi itu, berarti dalam PPDB saat ini bakal ada tiga cara bagi siswa mendapatkan sekolah baru. Sebelumnya, masing-masing sekolah juga sudah membuka PPDB jalur mandiri. Sementara, mulai 21 Juni nanti juga ada PPDB jalur reguler. Yang mensyaratkan pendaftar dengan nilai ujian nasional (NUN).

Khusus untuk jalur prestasi, Chevy menerangkan, tidak semua kejuaraan masuk dalam kriteria. Untuk bidang akademik, prestasi yang bisa digunakan adalah di Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Sementara, untuk bidang olahraga ada lebih banyak. Di antaranya adalah Olimpiade Olahraga Sekolah Nasional (O2SN), pekan olahraga pelajar daerah (popda), pekan olahraga provinsi (porprov), kejuaraan provinsi (kejurprov), atau juga kejuaraan daerah (kejurda).

“Adapun untuk nasional seperti Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional, Red), PON (Pekan Olahraga Nasional, Red), kejurnas (kejuaraan nasional), dan Aksioma (ajang kompetisi seni dan olahraga madrasah, Red),” ungkapnya.

Siswa yang berpestasi di bidang seni pun masih mendapat peluang. Beberapa kejuaraan itu misalnya Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Pekan Seni Pelajar (PSP), Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), dan Aksioma.

Menurutnya, dalam seleksi PPDB jalur prestasi ini tambahan nilainya tidak sama. Bergantung pada tingkat kejuaraan calon peserta didik yang pernah dia ikuti atau menangi. Rentang nilai tambahan dari prestasi itu mulai 0 hingga 100.

“Tertinggi tambahan nilainya pada prestasi tingkat kejuaraan internasional,” ujar Chevy.

Untuk tingkat kejuaraan internasional peringkat I sampai III nilainya 25. Adapun untuk tingkat nasional peringkat I sampai III dengan nilai 20. Sedangkan untuk tingkat kejuaraan provinsi peringat I nilai 10, peringkat II nilai 7,5, dan peringkat III dengan nilai 5.

Tidak hanya itu khusus untuk tingkat kejuaraan kota peringkat I dengan nilai 3, peringkat II nilainya 2,5, dan peringat III memiliki nilai 2. “Jalur PPDB prestasi ini memang disediakan untuk para calon peserta didik yang memiliki prestasi-prestasi,” ungkapnya.

Selain itu, Chevy menambahkan, walaupun proses PPDB akan dilakukan setelah hari raya, persiapan terus dikebut mulai saat ini. Terlebih kini website yang digunakan untuk PPDB online pun juga masih dalam mode demo. Adapun website resmi yang nanti bisa digunakan untuk PPDB yaitu www.kediri.siap-ppdb.com. “Akan terus kami tingkatkan pelayanan PPDB ini,” tegas Chevy.

(rk/fiz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia